Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Atau Pengertian Korelasi Dalam Matematika Dan Cara Penyajiannya

Relasi secara bahasa artinya hubungan. Banyak pola acara yang mengatakan hubungan. Misalnya, penyedia materi bangunan merupa kan kekerabatan dari kontraktor bangunan, pengusaha cafe atau restoran memiliki kekerabatan dengan jenis sajian masakan yang dihidangkannya, atau murid Sekolah Menengah Pertama memiliki korelasi atau kekerabatan dengan mata pelajaran kegemarannya. Dapatkah kalian menyebutkan pola kekerabatan yang lain? Mari kita pelajari banyak sekali macam kekerabatan pada pelajaran berikut!

Dalam matematika, kekerabatan berfungsi untuk menyatakan suatu korelasi tertentu antara dua himpunan. Misalnya korelasi antara siswa dengan kegemarannya, korelasi orang renta dengan penghasilannya, korelasi anak dengan mainan kesukaannya, dan sebagainya. Apa pengertian kekerabatan dalam matematika?

Pengertian Relasi dalam Matematika

Pada suatu hari di kelas VIII-A Sekolah Menengah Pertama “Asih Bangsa”, Aam, Ilham, Trisno, Lisda, dan Siti sedang membicarakan mata pelajaran yang mereka sukai di sekolah. Matematika, IPA, kesenian, olahraga, IPS, dan PPKn yaitu beberapa mata pelajaran yang mereka sukai dikala itu.

Aam mengemari pelajaran IPA, kesenian dan olahraga. Ilham menggemari pelajaran matematika dan olahraga, Trisno menggemari pelajaran mate matika dan IPA, Lisda gemar pelajaran PPKn dan kesenian, sedangkan Siti gemar pelajaran IPS dan olahraga.

Jika kalian perhatikan, Aam, Ilham, Trino, Lisda, dan Siti merupakan himpunan siswa SMP. Sedangkan Matematika, IPA, kesenian, olahraga, IPS, dan PPKn merupakan himpunan mata pelajaran.

Himpunan siswa memiliki korelasi dengan himpunan mata pelajaran melalui “kegemaran”. Dengan demikian, kata “gemar” merupakan kekerabatan yang menghubungkan antara himpunan siswa kelas VIII-A dengan mata pelajaran di sekolah.
Jadi, relasi dari himpunan A ke himpunan B yaitu korelasi yang memasangkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota himpunan B.

Contoh

Tentukanlah kekerabatan yang sanggup menghubungkan himpunan P ke himpunan Q berikut ini!
P = {1, 2, 3, 4, 5} dan Q = {1, 4, 9, 16, 25}

Penyelesaian:
Relasi yang sanggup menghubungkan antara himpunan P ke himpunan Q yaitu “akar dari”.

Cara Menyajikan Relasi

Relasi yang menghubungkan himpunan yang satu dengan himpunan lainnya sanggup disajikan dalam beberapa cara, yaitu diagram panah, diagram kartesius, dan himpunan pasangan berurutan. Perhatikan uraian berikut ini!

Rani, Dian, Isnie, dan Dila sedang berbincang-bincang di sebuah taman bersahabat sekolah. Mereka sedang membicarakan olahraga kegemarannya masing-masing.

Rani menyukai olahraga badminton dan basket. Dian menyukai olahraga basket dan atletik, Isnie menyukai olahraga senam dan Dila menyukai olahraga basket dan tenis meja.

Misalkan himpunan P = {Rani, Dian, Isnie, Dila} dan Q = {Basket, Bulu Tangkis, Atletik, Senam, Tenis Meja}. Kata “menyukai” adalalah kekerabatan yang menghubungkan himpunan P dan himpunan Q.

Maka kekerabatan tersebut sanggup disajikan dalam bentuk berikut ini.

a. Diagram Panah

Anggota-anggota himpunan P berelasi dengan anggota himpunan Q dengan kekerabatan “menyukai”. Hal tersebut ditunjukkan dengan arah panah. Oleh alasannya yaitu itu, diagramnya disebut diagram panah.
 Banyak pola acara yang mengatakan korelasi Definisi atau Pengertian Relasi dalam Matematika dan Cara Penyajiannya
Diagram Panah

b. Diagram Kartesius

Diagram kartesius merupakan diagram yang terdiri atas sumbu X dan sumbu Y. Pada diagram kartesius, anggota himpunan P terletak pada sumbu mendatar (sumbu-X), sedangkan anggota himpunan Q terletak pada sumbu tegak (sumbu-Y).

Relasi yang menghubungkan himpunan P dan Q ditunjukkan dengan noktah atau titik menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini.
 Banyak pola acara yang mengatakan korelasi Definisi atau Pengertian Relasi dalam Matematika dan Cara Penyajiannya
Diagram Cartesius

c. Himpunan Pasangan Berurutan

Selain memakai diagram panah dan kartesius, sebuah kekerabatan yang menghubungkan himpunan yang satu dengan himpunan lainnya sanggup disajikan dalam bentuk himpunan pasangan berurutan.

Adapun cara penulisannya yaitu anggota himpunan P ditulis pertama, sedangkan anggota himpunan Q menjadi pasangannya.

Berdasarkan soal di atas, maka diperoleh himpunan pasangan berurutan sebagai berikut. {(Rani, basket), (Rani, bulu tangkis), (Dian, basket), (Dian, atletik), (Isnie, senam), (Dila, basket), (Dila, tenis meja)}

Baca juga: Pemetaan dan Cara Penyajiannya
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Definisi Atau Pengertian Korelasi Dalam Matematika Dan Cara Penyajiannya"