Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Gangguan Pernapasan Pada Manusia

Proses bernapas sanggup terganggu bila alat pernapasan diserang penyakit. Berikut beberapa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia.

1. Influenza

Influenza disebabkan oleh virus influenza.Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan terasa gatal. Influenza merupakan suatu penyakit infeksi akut kanal pernafasan terutama ditandai oleh demam, gigil, sakit otot, sakit kepala dan sering disertai pilek, sakit tenggorok dan batuk yang tidak berdahak. Lama sakit berlangsung antara 2-7 hari dan biasanya sembuh sendiri.Influenza merupakan penyakit yang sanggup menjalar dengan cepat di masyarakat. Walaupun ringan tetapi penyakit ini sanggup berbahaya bagi usia sangat muda dan usia renta dimana terdapat keterbatasan fungsi pernafasan. Penyakit ini terutama terjadi pada musin cuek di negara bermusim cuek dan di animo hujan pada negara-negara tropis.Mahluk hidup kawasan berkembang dan berbagi influenza ini yaitu insan sendiri. Diduga bahwa binatang lain menyerupai burung, babi, dan kuda memegang peranan dalam membuat jenis virus influenza dengan jenis yang berbeda jawaban adanya mutasi di hewan-hewan tersebut. Penyebaran virus influenza ini melalui tetesan air liur pada dikala batuk dan melalui partikel yang berasal dari sel hidung yang melayang di udara terutama di ruangan tertutup.

2. Asma

Penyakit yang menyerang kanal bronkus. Asma disebabkan oleh alergi udara dingin, debu, atau hewan.  Akan tetapi, penyebab utamanya masih sulit diketahui. Gejala yang dialami penderita, yaitu merasa sesak dikala bernapas, terjadi lantaran kanal bronkus menyempit dan kadang kadang disertai batuk. Pencegahan asma gampang dilakukan bila telah diketahui sebabnya. Penyembuhan asama antara lain dengan obat-obatan. Jenis obat yang diberikan bergantung pada tipe penyakit asma yang diderita.
Baca Juga7 Organ Pernapasan pada Manusia Beserta Fungsinya

3. Pneumonia

Pneumoniaatau Logensteking yaitu penyakit radang  paru-paru yang disebabkan oleh diplococcus pneumoniae. Penyakit ini menjadikan radang paru-paru yang disebabkan oleh basil Diplococcus pneumonia.Akibat peradangan alveolus dipenuhi oleh jerawat dan lender sehingga oksigen sulit berdifusi mencapai darah. Pneumonia yaitu suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun benalu di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi “inflame” dan terisi oleh cairan. Pneumonia sanggup juga disebabkan oleh iritasi kimia atau fisik dari paru-paru atau sebagai jawaban dari penyakit lainnya, menyerupai kanker paru-paru atau terlalu banyak minum alkohol.Namun penyebab yang paling sering ialah serangan bakteria streptococcus pneumoniae, atau pneumokokus.

4. TBC (Tuberkulosis)

Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri. Bagian tubuh yang paling sering diserang yaitu paru-paru. Gejalanya antara lain batuk berdahak ( kadang kala bercampur darah), dada terasa sakit, demam. Tubuh penderita TBC tampak kurus lantaran berat tubuh menurun.
Baca Juga: Mekanisme dan Proses Pernapasan Pada Manusia
TBC merupakan penyakit menular. Ludah atau dahak penderita TBC banyak mengandung bakteri. Ketika penderita batuk, basil akan menyebar melalui udara. Tanpa terlihat oleh mata, basil ini masuk ke dalam tubuh ketika kita menghirup udara.

Penyakit TBC sanggup dicegah dan disembuhkan. Pencegahan TBC sanggup dilakukan dengan menunjukkan suntikan vaksin BCG (Bacille Calmatte-Guiren). Menyuntikan vaksin berarti memasukkan bibit penyakit yang sudah dilemahkan kedalam tubuh.Tujuannya supaya tubuh membentuk kekebalan terhadap penyakit. Vaksin BCG biasanya diberikan pada belum dewasa 11-13 tahun. Vaksin ini sanggup juga diberikan pada bayi, anak berusia dibawah 11 tahun, orang dewasa, atau siapa saja yang memiliki resiko tertular.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "4 Gangguan Pernapasan Pada Manusia"