Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kehidupan Insan Indonesia Di Zaman Prasejarah

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog sederhana yang membuatkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan membuatkan ilmu wacana KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ZAMAN PRASEJARAH, eksklusif saja ya, agar ilmunya sanggup bermanfaa J

Secara garis besar, terdapat 3 aspek di dalam kehidupan yang dijalani oleh insan pra sejarah. Kehidupan insan pra sejarah di Indonesia dipaparkan berdasarkan zaman. 

A.  KEHIDUPAN EKONOMI
1. Food gathering dan nomaden
Pada masa ini, kehidupan ekonomi insan Indonesia sangatlah tergantung daripada hasil alam yang ada di sekitar lingkungan daerah tinggal. Mereka tinggal di gua-gua bersahabat dengan sumber air supaya megampangkan mereka untuk mengumpulkan makanan. Apabila merasa sumber daya alam yang sanggup dijadikan kuliner sudah habis, maka mereka akan berpindah daerah mencari daerah tinggal gres yang mempunyai sumber daya yang masih banyak.

2. Masa bercocok tanam
Manusia Indonesia pada masa ini sudah bisa mengolah lahan-lahan kosong untuk ditanami banyak sekali macam materi makanan. Mereka tidak lagi bergantung sepenuhnya pada alam. Mereka juga sudah hidup menetap.
Artikel Penunjang : Manusia Purba di Indonesia, Asia, dan Eropa
3. Zaman logam
Di zaman ini, insan Indonesia bukan spesialuntuk mengolah untuk memenuhi kebutuhan primer mereka saja, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Mereka juga mulai membangun perkampungan untuk megampangkan komunikasi antar mereka.

MANUSIAN DI ZAMAN PRASEJARAH

B. KEHIDUPAN BUDAYA
1. Food gathering dan nomaden
Manusia pada masa ini masih membuat alat yang sederhana tanpa memperindah alat tersebut. Dari segi kepercayaan, insan Indonesia sudah percaya pada roh nenek moyang dan pohon-pohon tinggi, hal ini terbukti dari lukisan-lukisan di gua yang dilukis oleh insan pra sejarah Indonesia. Mereka juga spesialuntuk mengenal seni lukis dengan gua sebagai media lukisan.

2. Masa bercocok tanam
Alat yang dihasilkan insan Indonesia sudah berkembang. Hal ini demi memenuhi kebutuhan mereka yang semakin bertambah. Alat yang dihasilkan sudah rapi. Dalam segi kesenian, insan Indonesia juga sudah mengenal seni membuat kerajinan tangan baik itu dari kulit kerang, perhiasan, dan lain-lain. Dari segi kepercayaan, masih sama dengan sebelumnya, tetapi sudah ada banyak sekali upacara-upacara keagamaan.

3. Zaman Logam
Alat yang dihasilkan sudah sangat berkembang. Mereka juga memakai teknologi untuk membuat alat logam ibarat kapak perunggu, kapak corong, dan lain-lain. Untuk kesenian, sudah berkembang tiruana kesenian, ibarat seni lukis, seni pahat, dan seni ukir. Untuk kepercayaan, insan Indonesia masih menganut dogma yang sama. Tetapi, mereka memakai alat-alat logam untuk menunjang upacara keagamaan.
Artikel Penunjang : Zaman Prasejarah di Indonesia
C. KEHIDUPAN SOSIAL
1. Food gathering dan nomaden
Masyarakat Indonesia masih tinggal dalam suatu populasi yang kecil. Merek asaling berkomunikasi dengan bahasa yang sederhana

2. Masa bercocok tanam
Kehidupan insan Indonesia sudah membuat daerah tinggal berdasarkan kelompok-kelompok bercocok tanam. Mereka membuat perkampungan-perkampungan. Sehingga, komunikasi mereka lebih luas.

3. Zaman logam
Pada zaman ini, insan Indonesia sudah sangat berkembang. Mereka bertempat tinggal bukan spesialuntuk dengan satu golongan, tetapi juga sudah bergabung dengan banyak sekali macam golongan. Di masa ini, sudah dikenal adanya pembagia status dalam kehidupan masyarakat.


Selesai sudah pembahasan singkat pada posting kali ini wacana KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA Di ZAMAN PRASEJARAH, agar sanggup bermanfaa. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa like, follow, dan komentarnya ya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Kehidupan Insan Indonesia Di Zaman Prasejarah"