Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi Protista Seakan-Akan Flora (Alga)


Protista mirip tumbuhan
atau yang lebih kita kenal dengan sebutan “Alga” ialah organisme bersel satu atau bersel banyak yang mempunyai bentuk mirip benang. Alga(protista mirip tumbuhan) mempunyai klorofil dan bisa berfotosintesis mirip halnya tumbuhan.


Lalu, menurut klasifikasi makhluk hidup, kenapa alga tidak digolongkan kedalam kelompok plantae(tumbuhan). Alasanya singkat tapi cukup terang teman dekat, ini ia penyebabnya, Alga tidak mempunyai akar, batang, maupun daun. Oleh alasannya ialah ini alga tidak termasuk tumbuhan. Nah alga ini dibagi menjadi beberapa filum,yaitu:

1.Filum Alga Keemasan (Chrysophyta)

Chrysophyta

Filum alga yang biasanya tinggal di atas permukaan tanah yang berair dan mengakibatkan permukaan tanah berwarna kuning keemasan. Tubuh alga keemasan terdiri dari satu sel dan bentuknya menyerupai  perahu.

2.Filum Euglenophyta

Euglenophyta

Filum alga yang ini banyak dijumpai di air tawar dengan bentuk yang lonjong, mempunyai flagela(cambuk), bintik mata, dan berwarna hijau alasannya ialah mempunyai klorofil. Euglenophyta bergerak aktif mirip binatang namun sanggup berfotosintesis layaknya tumbuhan. Filum yang biasa disebut euglena ini biasa berkembangbiak dengan cara membelah diri. Beberapa hebat memasukkannya kedalam kelompoknya sendiri alasannya ialah mempunyai ciri mirip binatang sekaligus mirip tumbuhan.

3.Filum Alga Cokelat (Phaeophyta)

Phaeophyta

Alga cokelat umumnya hidup di perairan pantai ber-iklim dingin. Ada juga yang hidup di air tawar. Semua Alga cokelat ialah makhluk hidup bersel banyak.

4.Filum Alga Merah (Rhodophyta)

Rhodophyta

Alga merah ialah makhluk hidup bersel banyak yang mengandung pigmen fikobilin. Pigmen ini terdiri dari fikoritrin (merah) dan fikosianin (biru). Alga merah banyak dimanfaatkan untuk industri kosmetik, cat, eskrim,dll.

5.Filum Alga Hijau (chlorophyta)

Chlorophyta

Filum alga yang ini tergolong makhluk hidup eukariot. Alga hijau sanggup hidup di air tawar, air laut, di tanah becek, di atas batu, bahkan di kolam. Kolam yang banyak ditumbuhi alga ini mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu berwarna kehijauan. Alga ini mempunyai bentuk badan yang berguaka ragam. Ada yang bersel tunggal, bentuk benang, dan ada yang bersel banyak mirip tumbuhan tingkat tinggi.

Selain kelima alga diatas, ada satu kelompok alga lagi, yang biasa disebut Alga hijau-biru (Cyanobacteria), namun alga ini tidak digolongkan dalam kelompok protista melainkan diklasifikasikan ke kingdom monera alasannya ialah tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat autotrof.

Nah Protista mirip tumbuhan ini mempunyai majemuk warna ya teman dekat? Semoga artikel yang bekerjasama dengan ilmu biologi bertemakan protista mirip tumbuhan ini sanggup bermanfaa bagi para pembaca Atap Ilmu.blogspot.com. Terus kunjungi blog pengetahuan sederhana yang menyajikan banyak sekali macam artikel terkena ilmu yang ada dan sedang dipelajari oleh umat manusia.Terimakasih sudah berkunjung disini, jikalau teman erat bersedia untuk mengisikan kotak komentar saya akan sangat bahagia.:)

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Klasifikasi Protista Seakan-Akan Flora (Alga)"