Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Jenis Peternakan Di Indonesia

Peternakan merupakan salah satu mata pencaharian penduduk di Indonesia. Contoh peternakan yang ada di Indonesia ialah peternakan ayam, perjuangan ternak kambing, ternak kambing etawa, ternak unggas, ternak sapi perah, peternakan angsa dan lain-lain.

Usaha pembudidayaan hewan-hewan darat yang diharapkan oleh manusia, baik untuk dikonsumsi, maupun untuk tujuan lainnya dinamakan peternakan.

Faktor-faktor yang mendorong perjuangan peternakan di Indonesia antara lain sebagai berikut.

a. Mempunyai padang rumput yang luas.

b. Iklimnya cocok untuk persyaratan hidup ternak.

c. Memperluas lapangan kerja di bidang peternakan.

d. Dapat diambil majemuk manfaat, menyerupai dimanfaatkan tenaganya, daging, kulit, susu, dan kotorannya untuk pupuk pertanian.

Peternakan biasanya merupakan mata pencaharian sampingan dari penduduk yang menjalankan perjuangan pertanian.
 Contoh peternakan yang ada di Indonesia ialah peternakan ayam 3 Jenis Peternakan Di Indonesia
Gambar: Contoh Peternakan di Indonesia

Jenis-jenis peternakan

Berdasarkan jenis binatang yang diternakkan, peternakan sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yakni peternakan binatang besar, peternakan binatang kecil, dan peternakan binatang unggas.

a. Peternakan Hewan Besar

Peternakan jenis ini membudidayakan hewan-hewan bertubuh besar, menyerupai sapi, kuda, dan kerbau. Ternak hewan-hewan bertubuh besar diambil keuntungannya dalam bentuk susu, daging, kulit, dan tenaganya sebagai alat transportasi.

Selain itu, kotorannya sanggup dipakai sebagai pupuk alamiah yang diharapkan dalam perjuangan pertanian dan perkebunan.

b. Peternakan Hewan Kecil

Peternakan binatang kecil membudidayakan hewan-hewan bertubuh kecil, menyerupai babi, kambing, domba, kelinci, dan lainnya. Manfaat beternak hewan-hewan kecil ialah untuk diambil susu, daging, dan kulitnya.

c. Peternakan Hewan Unggas

Ayam, bebek, angsa, itik, dan puyuh merupakan beberapa tumpuan binatang unggas yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Manfaat beternak hewan-hewan unggas ialah untuk diambil daging, telur, bulu, atau sebagai penghibur untuk dinikmati bunyi atau keindahannya.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "3 Jenis Peternakan Di Indonesia"