Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Hasil Produksi

Produksi merupakan salah satu kegitan pokok ekonomi yang perlu mendapatknan perhatian lebih, alasannya yakni merupakan terminal dari dua kegitan ekonomi yang lain, yaitu konsumsi dan distribusi.

Thomas Robert Malthus dalam bukunya “Essay of The Principle of Population as Affect The Future Improvement of Societ” mengemukakan bahwa pertambahan penduduk seiring dengan deret ukur sementara pertambahan bahanbahan makanan seiring deret hitung.

Teori ini menjelaskan adanya ketidakseimbangan dengan alat pemuas kebutuhan (hasil produksi).
 yang perlu mendapatknan perhatian lebih Cara Meningkatkan Hasil Produksi
Gambar: Cara meningkatkan hasil produksi

6 Cara meningkatkan hasil produksi

Untuk mengatasinya, insan dituntut berusaha meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi dengan cara sebagai berikut.

1) Intensifikasi, yakni perjuangan menambah jumlah dan kualitas hasil produksi tanpa menambah faktor produksi.

2) Ekstensifikasi, yakni perjuangan peningkatan jumlah dan kualitas hasil produksi dengan cara menambah faktor produksi.

3) Diversifikasi, yakni perjuangan menambah jumlah dan kualitas hasil produksi.

4) Rehabilitasi, yakni perjuangan menambah jumlah dan kualitas hasil produksi dengan mengganti faktor produksi yang telah rusak dengan yang lebih baru.

5) Mekanisasi, yakni perjuangan penambahan jumlah dan kualitas hasil produksi dengan mengganti faktor produksi tradisional dengan mesin-mesin produksi yang bersifat mekanik.

6) Rasionalisasi, yakni perjuangan menambah jumlah dan kualitas hasil produksi dengan mengurangi faktor-faktor produksi yang tidak penting atau membebani biaya produksi.

Perluasan atau peningkatan jumlah dan kualitas hasil produksi harus tetap diubahsuaikan dengan kapasitas sumber daya tersebut alasannya yakni bagaimanapun sumber daya memiliki titik batas pemanfaatan.

Apabila sumber daya tersebut telah dimanfaatkan secara maksimal, akan terjadi penurunan nilai dan kualitas suatu produksi.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Hasil Produksi"