Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pranata Keluarga

Pranata Keluarga merupakan salah satu dari macam-macam pranata sosial, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan wacana pengertian keluarga, pengertian pranata keluarga, tugas pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian dan forum keluarga.

Pengertian Pranata Keluarga

Pranata keluarga yaitu pecahan dari pranata sosial yang mencakup lingkungan keluarga dan kerabat. Pembentukan adab dan sikap seseorang sanggup dipengaruhi oleh pranata keluarga yang dialami dan diterapkannya semenjak kecil.

Bagi masyarakat, pranata keluarga berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat.
Pranata Keluarga merupakan salah satu dari  Pengertian Pranata Keluarga
Pranata keluarga

Pengertian Keluarga

Keluarga adalah satuan korelasi yang sangat fundamental di masyarakat. Satuan korelasi sanggup disebut keluarga disebabkan adanya perkawinan atau keturunan.

Perkawinan menurut Undang-Undang Perkawinan yaitu suatu ikatan batin antara seorang laki-laki dan seorang perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang abadi dan senang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Macam-macam keluarga

Berdasarkan jumlah anggotanya, keluarga sanggup dibedakan menjadi keluarga inti dan keluarga luas.

a) Keluarga inti atau batih (nuclear family) yaitu satuan korelasi yang terdiri atas ayah dan ibu (orang tua) beserta anak-anaknya dalam satu rumah. Ada jugakeluarga inti yang belum atau tidak mempunyai anak.

b) Keluarga luas (extended family) yaitu satuan korelasi yang terdiri atas lebih dari satu generasi atau lebih dari satu keluarga inti dalam satu rumah.

Misalnya, keluarga yang mempunyai kakek atau nenek, paman atau bibi, keponakan, dan lain-lain yang tinggal serumah.

Keluarga dianggap sebagai satuan sosial fundamental yang akan membentuk arah pergaulan bagi masyarakat luas.

Artinya, keluarga yang serasi dan serasi akan membentuk lingkungan masyarakat yang serasi pula, demikian juga sebaliknya.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Pranata Keluarga"