Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa selain faktor harga masih ada faktor-faktor lain yang memengaruhi permintaan. Namun, faktor-faktor selain harga pengaruhnya tidak sekuat faktor harga.
diminta. Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut.
Akan tetapi kalau harga barang substitusi naik maka orang akan tetap memakai barang yang semula.
Contohnya kaos yaitu pengganti kemeja. Jika di pasar harga kaos lebih murah dibandingkan kemeja, maka undangan akan kaos lebih banyak bila dibandingkan undangan terhadap kemeja.
Sebaliknya kalau pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun.
Misalnya pendapatan Ibu Tia dari hasil dagang ahad pertama Rp200.000,00 hanya sanggup untuk membeli kopi 20 kg. Tetapi dikala hasil dagang ahad kedua Rp400.000,00, Ibu Tia sanggup membeli kopi sebanyak 40 kg.
Misalnya, kini ini banyak orang yang mencari hand phone yang dilengkapi kemudahan musik dan game, alasannya selera konsumen akan barang tersebut tinggi maka undangan akan hand phone yang dilengkapi musik dan game akan meningkat.
Sebaliknya kalau kebutuhan terhadap barang atau jasa sangat mendesak maka undangan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut menjadi meningkat, contohnya dengan meningkatnya curah hujan maka intensitas kebutuhan akan jas hujan semakin meningkat.
Konsumen akan bersedia membeli jas hujan sampai Rp25.000,00 walaupun kenyataannya harga jas hujan Rp15.000,00.
Sebaliknya apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan turun, maka konsumen cenderung mengurangi jumlah barang yang dibeli.
Misalnya ada dugaan kenaikan harga materi bakar minyak mengakibatkan banyak konsumen antri di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) untuk mendapat bensin atau solar yang lebih banyak.
Sumber https://www.berpendidikan.com
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi permintaan.a. Harga Barang itu Sendiri
Harga barang akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika harga naik jumlah undangan barang tersebut akan meningkat, sedangkan kalau harga turun maka jumlah undangan barang akan menurun.b . Harga Barang Subtitusi (Pengganti)
Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) ikut memengaruhi jumlah barang dan jasa yangdiminta. Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut.
Akan tetapi kalau harga barang substitusi naik maka orang akan tetap memakai barang yang semula.
Contohnya kaos yaitu pengganti kemeja. Jika di pasar harga kaos lebih murah dibandingkan kemeja, maka undangan akan kaos lebih banyak bila dibandingkan undangan terhadap kemeja.
Pasar |
c . Harga Barang Komplementer (Pelengkap)
Barang pelengkap juga sanggup memengaruhi undangan barang/jasa. Misalnya sepeda motor, barang komplementernya bensin. Apabila harga bensin naik, maka kecenderungan orang untuk membeli sepeda motor akan turun, begitu juga sebaliknya.d . Pendapatan
Besar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang turut memilih besarnya undangan akan barang dan jasa. Apabila pendapatan yang diperoleh tinggi maka undangan akan barang dan jasa juga semakin tinggi.Sebaliknya kalau pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun.
Misalnya pendapatan Ibu Tia dari hasil dagang ahad pertama Rp200.000,00 hanya sanggup untuk membeli kopi 20 kg. Tetapi dikala hasil dagang ahad kedua Rp400.000,00, Ibu Tia sanggup membeli kopi sebanyak 40 kg.
e. Selera Konsumen
Selera konsumen terhadap barang dan jasa sanggup memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka undangan terhadap barang tersebut akan meningkat pula.Misalnya, kini ini banyak orang yang mencari hand phone yang dilengkapi kemudahan musik dan game, alasannya selera konsumen akan barang tersebut tinggi maka undangan akan hand phone yang dilengkapi musik dan game akan meningkat.
f. Intensitas Kebutuhan Konsumen
Intensitas kebutuhan konsumen besar lengan berkuasa terhadap jumlah barang yang diminta. Kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa yang tidak mendesak, akan mengakibatkan undangan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut rendah.Sebaliknya kalau kebutuhan terhadap barang atau jasa sangat mendesak maka undangan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut menjadi meningkat, contohnya dengan meningkatnya curah hujan maka intensitas kebutuhan akan jas hujan semakin meningkat.
Konsumen akan bersedia membeli jas hujan sampai Rp25.000,00 walaupun kenyataannya harga jas hujan Rp15.000,00.
g. Perkiraan Harga di Masa Depan
Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik maka konsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibeli alasannya ada kekhawatiran harga akan semakin mahal.Sebaliknya apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan turun, maka konsumen cenderung mengurangi jumlah barang yang dibeli.
Misalnya ada dugaan kenaikan harga materi bakar minyak mengakibatkan banyak konsumen antri di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) untuk mendapat bensin atau solar yang lebih banyak.
Post a Comment for "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan"