Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya tentang pengertian penawaran bahwa, Penawaran yaitu keseluruhan jumlah barang yang bersedia ditawarkan pada banyak sekali tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.

Jika harga naik, jumlah barang yang ditawarkan bertambah. Begitu juga ketika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga turun atau semakin sedikit.

Seperti halnya pembeli, apakah penjual juga hanya memperhitungkan faktor harga saja dalam menyusun daftar penawaran? Tentu saja tidak.

Pada kenyataannya banyak faktor yang memengaruhi penawaran penjual. Namun ketika merumuskan penawaran, cukup dengan menghubungkan harga dan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Faktor-faktor selain harga dianggap tidak berubah (ceteris paribus).

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran dan produksi memiliki kekerabatan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat acara produksi besar lengan berkuasa terhadap jumlah penawaran.

Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi penawaran.

a. Harga Barang itu Sendiri

Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat.

Sebaliknya jikalau barang yang ditawarkan turun jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan turun. Misalnya jikalau harga sabun mandi meningkat dari Rp1.500,00 menjadi Rp2.000,00, maka jumlah sabun mandi yang penjual tawarkan akan meningkat pula.
 Penawaran yaitu keseluruhan jumlah barang yang bersedia ditawarkan pada banyak sekali tingkat Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Harga

b . Harga Barang Pengganti

Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.

Penjual berharap, konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang lain yang ditawarkan, lantaran harganya lebih rendah.

Contohnya harga kopi meningkat mengakibatkan harga barang penggantinya yaitu teh lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual teh.

c . Biaya Produksi

Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang dipakai dalam proses produksi, menyerupai biaya untuk membeli materi baku, biaya untuk honor pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya.

Apabila biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barangbarang diproduksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan mengatakan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit.

Hal ini disebabkan lantaran produsen tidak mau rugi. Sebaliknya jikalau biaya produksi turun, maka produsen akan meningkatkan produksinya. Dengan demikian penawaran juga akan meningkat.

d . Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi sangat besar lengan berkuasa terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa.

Selain itu dengan memakai mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak.

Misalnya untuk menghasilkan 1 kg gula pasir biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Manis sebesar Rp4.000,00. Harga jualnya sebesar Rp7.500,00/ kg.

Namun dengan memakai mesin yang lebih modern, perusahaan Manis bisa menekan biaya produksi menjadi Rp3.000,00.

Harga jual untuk setiap 1 kilogramnya tetap yaitu Rp7.500,00/kg. Dengan demikian perusahaan Manis sanggup memproduksi gula pasir lebih banyak.

Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menjadikan dua efek, yaitu produksi sanggup ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah. Dengan demikian laba menjadi bertambah tinggi.

e. Pajak

Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat besar lengan berkuasa terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, jadinya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.

f. Perkiraan Harga di Masa Depan

Perkiraan harga di masa tiba sangat memengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.

Misalnya pada ketika krisis ekonomi, harga-harga barang dan jasa naik, sementara penghasilan relatif tetap. Akibatnya perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa, lantaran takut tidak laku.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran"