Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan

Cara Menanggapi Isi Laporan

Sebelum kalian memberikan jawaban terhadap laporan, tentu kalian harus menyimak dan benar-benar memahami isi laporan yang akan kalian tanggapi. Dalam mendengarkan pembacaan laporan dibutuhkan konsentrasi yang baik.

Jika kalian bisa menyimak dengan baik, tentu kalian akan sanggup menangkap keseluruhan isi laporan serta memperlihatkan jawaban berkenaan dengan hal-hal yang dikemukakan dalam laporan.

Tanggapan terhadap isi laporan sanggup ditujukan atau diarahkan pada
1) kelengkapan isi laporan, 2) kejelasan isi laporan, serta 3) keruntutan dalam memberikan isi laporan.

Contoh Laporan Singkat

Simaklah laporan berikut dengan cermat dan saksama!

Pencemaran Lingkungan
 Sebelum kalian memberikan jawaban terhadap laporan Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan
Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan merupakan persoalan kita bersama yang makin penting untuk diselesaikan. Hal ini dikarenakan pencemaran lingkungan menyangkut keselamatan, kesehatan, dan kehidupan kita.

Siapa pun sanggup berperan serta dalam menuntaskan persoalan pencemaran lingkungan ini, termasuk kita. Dimulai dari lingkungan yang terkecil, diri kita sendiri, hingga ke lingkungan yang lebih luas. Banyak permasalahan pencemaran lingkungan yang harus segera kita atasi bersama.

Di antaranya pencemaran air tanah dan sungai, pencemaran udara perkotaan, kontaminasi tanah oleh sampah, hujan asam, perubahan iklim global, penipisan lapisan ozon, kontaminasi zat radioaktif, dan sebagainya.

Dalam menuntaskan persoalan pencemaran lingkungan ini, tentunya kita harus mengetahui sumber pencemar, bagaimana proses pencemaran itu terjadi, dan bagaimana langkah penyelesaian pencemaran lingkungan itu sendiri.

Sumber Pencemaran

Pencemar tiba dari banyak sekali sumber dan memasuki udara, air, dan tanah dengan banyak sekali cara. Pencemar udara terutama tiba dari kendaraan bermotor, industri, dan pembakaran sampah. Pencemar udara sanggup pula berasal dari acara gunung berapi. 

Pencemaran sungai dan air tanah terutama dari kegiatan domestik, industri, dan pertanian. Limbah cair domestik terutama berupa BOD, COD, dan zat organik. Limbah cair industri menghasilkan BOD, COD, zat organik, dan banyak sekali pencemar beracun. Limbah cair dari kegiatan pertanian terutama berupa nitrat dan fosfat.

Proses Pencemaran

Proses pencemaran sanggup terjadi secara eksklusif maupun tidak langsung. Secara eksklusif yaitu materi pencemar tersebut eksklusif berdampak meracuni. Dengan demikian sanggup mengganggu kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan atau mengganggu keseimbangan ekologis, baik air, udara, maupun tanah. 

Proses tidak eksklusif yaitu beberapa zat kimia bereaksi di udara, air, maupun tanah, sehingga menyebabkan pencemaran. Pencemar ada yang eksklusif terasa dampaknya, contohnya berupa gangguan kesehatan eksklusif (penyakit akut) atau akan dirasakan sesudah jangka waktu tertentu (penyakit kronis). 

Sebenarnya alam mempunyai kemampuan sendiri untuk mengatasi pencemaran (self recovery), tetapi alam mempunyai keterbatasan. Setelah batas itu terlampaui, maka pencemar akan berada di alam secara tetap atau terakumulasi dan kemudian berdampak pada manusia, material, hewan, tumbuhan, dan ekosistem.

Langkah Penyelesaian

Penyelesaian persoalan pencemaran terdiri dari langkah pencegahan dan pengendalian. Langkah pencegahan pada prinsipnya mengurangi pencemar dari sumbernya untuk mencegah efek lingkungan yang lebih berat. Di lingkungan yang terdekat, contohnya dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, memakai kembali (reuse) dan daur ulang (recycle).

Di bidang industri, contohnya dengan mengurangi jumlah air yang dipakai, mengurangi jumlah limbah, serta mengurangi keberadaan zat kimia PBT (Persistent, Bioaccumulative, and Toxic), dan berangsurangsur menggantinya dengan Green Chemistry.

Green Chemistry merupakan segala produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkan zat berbahaya. Tindakan pencegahan sanggup pula dilakukan dengan mengganti alat-alat rumah tangga atau materi bakar kendaraan bermotor dengan materi yang lebih ramah lingkungan.

Pencegahan sanggup pula dilakukan dengan kegiatan konservasi, penggunaan energi alternatif, penggunaan alat transportasi alternatif, dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Langkah pengendalian sangat penting untuk menjaga lingkungan tetap higienis dan sehat. 

Pengendalian sanggup berupa pembuata standar baku mutu lingkungan, monitoring lingkungan, dan penggunaan teknologi untuk mengatasi persoalan lingkungan. Untuk permasalahan global menyerupai perubahan iklim, penipisan lapisan ozon, dan pemanasan global dibutuhkan kolaborasi semua pihak antara satu negara dengan negara lain.

(Sumber: www.kitada.eco Minggu, 27 Januari 2008,
dengan pengubahan)

Setelah menyimak laporan tersebut dan memahami isinya, kalian sanggup memperlihatkan jawaban yang berupa masukan, pertanyaan, saran, ungkapan rasa oke maupun tidak setuju, serta kritikan. Hal yang harus selalu kalian ingat bahwa setiap jawaban harus disertai dengan alasan yang masuk logika serta tidak keluar dari permasalahan yang menjadi inti isi laporan.

Contoh Menanggapi Isi Laporan

Contoh jawaban yang sanggup kalian sampaikan berkenaan dengan isi laporan di atas yaitu berikut.

Menanggapi isi laporan tersebut, ada beberapa hal yang sanggup saya sampaikan, di antaranya berikut.
1) Saya sangat tertarik dengan isi laporan yang disampaikan. Hal ini berkenaan dengan sebuah kenyataan perihal maraknya pencemaran dan lingkungan di sekitar kita. Dari laporan tersebut kita sanggup memperoleh wawasan betapa kita harus segera menjaga lingkungan kita.
2) Beberapa hal yang berdasarkan saya kurang lengkap dalam laporan tersebut yaitu klarifikasi mengenai upaya penanganan pencemaran. Alangkah lebih baiknya dalam laporan tersebut disampaikan juga cara-cara yang simpel dan sederhana dalam menangani persoalan pencemaran lingkungan.
3) Saya sangat oke dengan isi laporan yang disampaikan mengenai langkah penyelesaian pencemaran. Hal ini dikarenakan langkah-langkah penyelesaian tersebut gampang dilakukan oleh semua orang. Dengan demikian, pencemaran sanggup dengan gampang diminimalkan atau bahkan dihilangkan sama sekali.
Demikian pembahasan dan klarifikasi lengkap perihal cara menanggapi isi laporan dan pola menanggapi isi laporan dilengkapi dengan pola laporan singkat.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan"