Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kalor, Kalori Dan Rumus Perubahan Suhu

Manusia sanggup bekerja alasannya ialah adanya energi. Energi berasal dari masakan dan minuman. Transportasi menyerupai motor, mobil, kapal laut, kapal terbang, dan kendaraan lainnya. Dapat bergerak alasannya ialah memakai mesin. Mesin sanggup bergerak alasannya ialah adanya materi bakar.

Dari beberapa tumpuan itu, terperinci energi kalor merupakan kebutuhan yang penting bagi kehidupan manusia. Semua itu bergotong-royong tanda bukti adanya Tuhan Yang Maha Kaya dan Kuasa untuk memperlihatkan kebutuhan hidup manusia.

Kalor bersahabat hubungannya dengan suhu. Benda yang bersuhu tinggi mempunyai kalor yang lebih besar daripada benda yang bersuhu rendah.

Rumus Kalor dan Perubahan Suhu

Air panas mempunyai suhu yang tinggi. Air cuek mempunyai suhu yang rendah. Apabila kedua kondisi suhu tersebut dicampur, akan diperoleh suhu yang gres pada air.

Perubahan suhu terjadi alasannya ialah panas dari suhu air yang lebih tinggi berpindah ke air yang suhunya lebih rendah. Suhu rendah meningkat, alasannya ialah mendapatkan panas dari suhu tinggi. Panas yang bergerak dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah itu disebut kalor.

Sewaktu air dipanaskan, air mendapatkan energi panas dari api melalui cerek yang mewadahinya. Air mendapatkan energi panas, ditandai dengan adanya kenaikan suhu. Semakin besar energi panas yang diterima air, semakin besar pula kenaikan suhu pada air.

Peristiwa itu memperlihatkan semakin besar kalor yang diterima suatu benda, semakin besar pula kenaikan suhu pada benda tersebut. Pertambahan kalor sebanding dengan perpindahan panas dari api ke benda yang menerimanya, dan sebanding pula dengan kenaikan suhunya.

Apabila banyaknya kalor dinyatakan dengan Q, dan perubahan suhu dinyatakan dengan DT (perubahan suhu), maka kekerabatan kalor dengan perubahan suhu sanggup dinyatakan dengan persamaan:
» DT
Dengan demikian, kalor merupakan salah satu bentuk energi, alasannya ialah kalor adalah energi panas yang mengalir dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Kalor diukur dengan satuan kalori.

Satu kalori yaitu banyaknya energi panas yang diharapkan untuk menaikkan suhu sebesar 1°C pada 1 gram air. Air yang massanya 1.000 gram dinaikkan suhunya dari 24°C menjadi 25°C diharapkan energi sebesar 1.000 kalori.
Manusia sanggup bekerja alasannya ialah adanya energi Pengertian Kalor, Kalori dan Rumus Perubahan Suhu
Gambar: Alat Percobaan Joule

Sedangkan menurut satuan SI, energi kalor dinyatakan dengan joule (J). Joule berasal dari percobaan James Prescott Joule, bahwa 1 kalori sebanding dengan 4,186 yang dibulatkan menjadi 4,2 joule (1 kalori = 4,2 joule) sehingga 1 joule itu sebanding dengan 4,2 kalori (1 joule = 4,2 kalori).

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Kalor, Kalori Dan Rumus Perubahan Suhu"