Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Teladan Kependekan Terlengkap

Contoh Akronim

Perhatikan Paragraf beriktu!

Pendidikan soft skills tidak seharusnya melalui satu mata pelajaran khusus, melainkan diintegrasikan melalui mata pelajaran yang sudah ada atau dengan memakai taktik pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satunya ialah pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning).

Pembelajaran kontekstual (CTL) ialah konsep berguru yang membantu guru. CTL juga mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia aktual siswa. Selain itu, CTL mendorong siswa menciptakan relasi antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari dengan melibatkan komponen utama pembelajaran. 

Komponen tersebut yaitu konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan evaluasi yang sebenarnya. Sebuah kelas dikatakan memakai pendekatan pembelajaran kontekstual apabila menerapkan ketujuh komponen tersebut dalam proses pembelajaran. (Sumber: Republika, 23 Januari 2008 dengan pengubahan)


Pendidikan soft skills tidak seharusnya melalui satu mata pelajaran khusus Pengertian dan Contoh Akronim Terlengkap
Contoh Akronim

Dalam bacaan terdapat singkatan CTL yang merupakan singkatan dari Contextual Teaching and Learning, yaitu konsep berguru yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia aktual siswa. Singkatan berbeda dengan akronim. Tahukah kau abreviasi itu?

Pengertian Akronim

Dalam KBBI Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, akronim adalah kependekan yang berupa adonan abjad atau suku kata atau bab lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang masuk akal (2002:21).

Contoh dan Cara Penulisan Akronim

1) Jika diambil abjad awal, maka ditulis dengan abjad kapital, menyerupai OSIS, ASRI, AIDS, dan sebagainya;

2) Jika berupa nama diri, maka ditulis abjad kapital awalnya saja, seperti: Basamas, Askes, Atdikbud, dan sebagainya;

3) Jika bukan nama diri, ditulis dengan abjad kecil, menyerupai pemilu, puskesmas, amdal, dan lain-lain.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Teladan Kependekan Terlengkap"