Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Seleksi Alam Pada Makhluk Hidup

Pokok pembahasan pada artikel kali ini yaitu ihwal seleksi alam; pengertian seleksi alam; pola seleksi alam; teoari seleksi alam; faktor-faktor seleksi alam; pola kejadian seleksi alam; pola seleksi alam pada hewan; teori seleksi alam darwin; kupu-kupu biston betularia; dan arti seleksi alam.

Pengertian Seleksi Alam

Di depan telah diterangkan bahwa habitat suatu organisme sanggup mengalami perubahan dan perubahan tersebut menghipnotis organisme yang hidup di dalamnya, dimana organisme yang hidup di dalamnya harus sanggup menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Pada umumnya untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang gres itu memerlukan perjuangan, dan hanya makhluk hidup yang paling sesuai dengan lingkungannya yang sanggup bertahan hidup dan berkembangbiak untuk meneruskan keturunannya.

Kaprikornus di sini alam akan menyeleksi terhadap semua makhluk hidup di dalamnya melalui banyak sekali faktor, contohnya dengan keterbatasan unsur-unsur yang diharapkan dalam kehidupan, antara lain: makanan, cahaya, air, tempat hidup dan sebagainya.

Untuk mendapat kebutuhan hidup tersebut umumnya individu-individu harus melalui persaingan, dan hanya individu yang memiliki sifat sesuai denga lingkungannya akan lolos dari seleksi dan selanjutny sanggup meneruskan keturunannya (berkembangbiak), sedangkan individu yang tidak bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungannya akan mengalami kesulitan dan mati atau harus berpindah mencari tempat yang gres yang lebih sesuai.

Seleksi alam yaitu kemampuan alam untuk menyaring terhadap semua organisme yang hidup di dalamnya, dimana hanya organisme yang bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungannya yang akan selamat, sedangkan yang tidak bisa menyesuaikan diri akan mati atau punah.

Faktor-faktor seleksi alam


1. Punahnya Spesies Tertentu

Karena adanya seleksi alam maka individu yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan akan mati dan akibatnya punah.

Berikut beberapa pola organisme yang hampir punah atau punah lantaran terseleksi oleh alam, yaitu:

a. Burung puyuh liar semakin punah

Hal ini disebabkan lingkungan hidup burung puyuh di kawasan bebatuan dan bidang tanah yang
bergumpal-gumpal semakin langka.

Pada lingkungan menyerupai itulah burung puyuh liar akan lebih sesuai, sehingga sulit ditangkap pemangsanya. Karena lingkungan yang demikian sudah kian langka maka jumlah burung puyuh pun menjadi langka juga.

b. Punahnya Dinosaurus kurang lebih 65 juta tahun yang kemudian secara bersamaan

Menurut pendapat para ahli, kepunahan Dinosaurus disebabkan lantaran jatuhnya meteorit raksasa ke bumi, yang menghamburkan awan bubuk sehingga menghalangi masuknya sinar matahari.

Tanpa adanya sinar matahari maka tumbuhan akan mati, demikian pula Dinosaurus pemakan tumbuhan yang kemudian diikuti Dinosaurus pemakan daging.

Pokok pembahasan pada artikel kali ini yaitu ihwal seleksi alam Pengertian dan Contoh Seleksi Alam pada Makhluk Hidup
Teori punahnya Dinosaurus

2. Terbentuknya Spesies Baru

Setiap spesies selalu berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Adaptasi ini berlangsung bertahap menuju ke arah yang semakin sesuai dengan lingkungan hidupnya dan perubahan yang bertahap ini berlangsung dalam waktu yang sangat usang dan diturunkan dari generasi ke generasi, sehingga tidak tidak mungkin jika akibatnya dijumpai spesies yang menyimpang dari spesies nenek moyangnya.

Dengan demikian adanya seleksi alam dan penyesuaian menimbulkan terjadinya perubahan jenis makhluk hidup dari generasi ke generasi.

Jika proses tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, maka perubahan tersebut sanggup mengarah kepada terbentuknya spesies baru. Peristiwa ini disebut evolusi.

Evolusi adalah suatu proses perubahan makhluk hidup yang terjadi secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang sangat usang sehingga menimbulkan spesies baru.

(Kebenaran teori pada pembahasan ini sifatnya relatif-pen)


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Pola Seleksi Alam Pada Makhluk Hidup"