Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Kalimat Beragam Campuran

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Perhatikan paragraf berikut:

Pergelaran musik gamelan sekarang sanggup dinikmati di banyak sekali bagian dunia, tapi Jogjakarta ialah daerah yang paling sempurna untuk menikmati gamelan, lantaran di kota inilah Anda sanggup menikmati versi aslinya.

Pengertian Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat tersebut di atas merupakan kalimat beragam campuran. Disebut kalimat beragam adonan karena dibuat oleh kalimat beragam setara dan kalimat beragam bertingkat.

Kalimat beragam setara ditandai oleh penanda hubung tapi yang mengatakan hubungan pertentangan. Adapun kalimat beragam bertingkat ditandai oleh penanda hubung karena yang mengatakan hubungan akhir sebab.

Selain tapi, hubungan kontradiksi juga sanggup ditunjukkan oleh kata melainkan, bukan, akan tetapi, dan sebagainya. Contoh: Seharusnya dia mencar ilmu dengan tekun bukan malah bermain-main tanpa kenal waktu.

Dalam kalimat beragam bertingkat juga terdapat hubungan pertentangan. Contoh: Saya akan tetap berbuat baik, meskipun dia selalu berbuat jahat.

Macam-macam Kata penanda Hubung

Perhatikan kolom berikut!

Pergelaran musik gamelan sekarang sanggup dinikmati di banyak sekali bagian dunia Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Campuran
Tabel: Contoh kata penanda hubung

Tabel di atas mengatakan kata penanda hubung;

Pertentangan ==> tetapi, melainkan, bukan

Perbandingan ==> daripada

Sebab-akibat ==> sebab, karena, oleh karena

Pengandaian ==> seandainya, kalau-kalau

Waktu ==> sejak, ketika

Demikian pembasan singkat tapi terperinci dan padat perihal kalimat beragam campuran, supaya sanggup difahami dan bermanfaat.

Baca juga: Kalimat Baku dan Tak Baku
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Pola Kalimat Beragam Campuran"