Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung

Pengertian Dan Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung - Aurat berdasarkan bahasa yaitu suatu keanehan atau malu yang menempel sehingga perlu ditutupi untuk menyembunyikannya. Sedangkan berdasarkan istilah aurat yaitu anggota  badan atau tubuh insan yang wajib ditutup dan haram untuk dilihat alasannya bias mengakibatkan kecactan atau malu apabila terlihat.
Berdasarkan pada makna kata aurat diatas sanggup ditarik kesimpulan bahwa aurat yaitu segala sesuatu yang sanggup mengakibatkan seseorang malu atau mendapat malu baik yang berupa perkataan, perilaku ataupun tindakan. Aurat sebagai bentuk dari satu kekurangan pada diri insan maka sudah sepatutnya ditutupi dan tidak untuk dipamerkan atau dipertontonkan di muka umum tau khlayak ramai alasannya bias mengundang syahwat atau nafsu lawan jenis sehingga terjerunmus dalam perbuatan yang keji dan hina.

Pada insan aurat dibagi menjadi 2 yaitu:
  1. Aurat Pria yaitu terletak antara pusar hingga ke lutut. Apabila pakaian yang dikenakan oleh laki-laki kurang atau tidak sanggup menutupi anggota tubuh ini maka bias dikatakn laki-laki atau laki- laki tidak menutup aurat dan merupakan perbuatan tercela. Sehingga apabila beliau melaksannakkan sholat dengan pakaian yang kurang tersebut maka sholatnya tidak sah.

  2. Aurat Wanita yaitu semua anggota tubuh atau tubuh perempuan kecuali muka dan kedua belah telapak tangan. Suara perempuan termasuk kedalam aurat oleh sebagian ulama. Sehingga dalam penggunaannya dianjurkan untuk bersuara dalam keadaa seperlunya saja dilarang berlebihan. Apabila perempuan memakai suaranya secara berlebihan ibarat bergosip, memaki, dan berceloteh ria, maka bias dikatakan perempuan ini telah mengumbar auratnya dan perbuatan tersebut termasuk perbuatan tercela.
    Selain bunyi yang tidak kalah penting yaitu duduk masalah pakaian epilog badan. Pakaian epilog tubuh hendaklah pakaian yang longgar , tidak ketat atau membentuk lekuk bentuk tubuh perempuan tersebut. Apabila seorang perempuan mengenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh namun bentuknya sangat ketat sehingga Nampak lekuk bentuk tubuhnya maka perempuan ini tetap dikatakan mengumbar aurat alasannya bias kita ketahu dan pahami bawasannya perempuan yaitu salah satu makhluk yang indah dan salh satu keindahan pada perempuan yaitu pada bentuk lekuk badanya sehingga apabila seorang perempuan mengenakan pakaian yang ketat sanggup dipastikan keindahan tubuhnya sanggup menarik perhatian lawan jenis dikarenan timbul syahwat oleh lawan jenis tersebut.


Pengertian Hijab

Kata hijab berasal dari bahasa arab yang artinya penutpu,tabir atau diding. Pengertian yang dimaksud dari hijab atau tabir disini yaitu tirai epilog atau sesuatu yang memisahkan atau membatasi baik berupa tembok, bilik, gorden, kain dan lain-lain Bila dikaitkan dengan hal menutup aurat,  maka istilah hijab bias diartikan sebagai  tata cara berpakaian yang pantas atau menutup  tubuh sesuai dengan tuntunan syariat agama islam.
Firman Allah SWT. didalam QS. Al Ahzab: 53 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتَ النَّبِيِّ إِلَّا أَنْ يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَىٰ طَعَامٍ غَيْرَ نَاظِرِينَ إِنَاهُ وَلَٰكِنْ إِذَا دُعِيتُمْ فَادْخُلُوا فَإِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوا وَلَا مُسْتَأْنِسِينَ لِحَدِيثٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِي النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيِي مِنْكُمْ ۖ وَاللَّهُ لَا يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ ۚ وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ۚ ذَٰلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ ۚ وَمَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُؤْذُوا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا أَنْ تَنْكِحُوا أَزْوَاجَهُ مِنْ بَعْدِهِ أَبَدًا ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمًا
Artinya :Hai orang-orang yang beriman, janganlah kau memasuki rumah-rumah Nabi kecuali bila kau diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jikalau kau diundang maka masuklah dan bila kau selesai makan, keluarlah kau tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi kemudian Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kau keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kau meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan dilarang kau menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) mengawini isteri-isterinya selama-lamanya setelah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu yaitu amat besar (dosanya) di sisi Allah.

Pengertian Jilbab

Jilbab berasal dari kata dalam bahasa arabyang artinya  adalah pakaian yang berbentuk  terusan panjang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan wanita. Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, jilbab diartikan sebagi sebuah selendang atau pakaian lebar yang digunakan perempuan muslim yang berfungsi untuk menutupi seluruh tubuh kecuali potongan wajah dan telapak tangan.


Pengertian Purdah atau Cadar

Purdah atau cadar atau niqab yaitu kain yang digunakan oleh perempuan untuk menutupi sebagian wajah mereka kecuali mata.untuk sanggup menunjukkan perempuan yang bagus dan anngun serta memilikijati diri perempuan muslim sering menambahkan purdah ini sehingga aurat mereka semakinsempurna terhalang dari pandangan orang lain khususnya prtia yang mempunyai ketertarikan terhadap mereka. Sebagian ulama menyampaikan memakai purdah yaitu sunnah dan lebih baik.


Pengertian Khimar

ialah nama kain yang digunakan untuk menutup bahagian kepala wanita.Ini berdasarkan firman Allah taala di dalam QS: al-Nur ayat 31yang berbunyi :

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya : Katakanlah kepada perempuan yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai harapan (terhadap wanita) atau belum dewasa yang belum mengerti perihal aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua semoga diketahui suplemen yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kau sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kau beruntung.

Pengertian Mukena atau Rukuh

Mukena (rukuh) berdasarkan pengertian secara awam  memang  sering diartikan kain selubung (baju kurung) bagi perempuan yang dikenakan khusus pda ketika shalat.namun bahu-membahu bagi perempuan  tidak ada pakaian khusus untuk dipakaian dalam melaksanakkan shalat. Yang dimaksud kain selubung/baju kurung  atau mukenah itu bahu-membahu yaitu jilbab itu sendiri. Istilah mukena berasal dari bahasa arab yaitu muqna’ah/miqna’ah. Dan mukena ini sebetulnya lebih ibarat kerudung ketimbang jilbab, hanya saja muqna’ah ini agak lebih panjang ke bawah dibandingkan.
Demikian klarifikasi kami perihal Pengertian Dan Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung. Apabila terdapat kekurangan ndan kesalahn pada artikel ini kami mohon maaf. Silahkan kirim kritik dan saran anda ke alamat situs kami. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca Juga :




Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar Dan Kerudung"