Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia

Pengertian Dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia - Dibawah ini yaitu pengertian bahasa berdasarkan para hebat :
  • Menurut KKBI (kamus besar bahasa Indonesia ) bahasa yaitu suatu sistem lambang  bunyi yang arbiter, yang digunakan oleh sekelompok masyarakat untuk bekerjasama,  berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
  • Menurut Wikipedia  Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang berupa cara penggunaan simbol suara yang dihasilkan dari ucapan insan yang karenanya tersebut sanggup dipahami anatara satu dengan yang lainnya  sehingga interaksi soial  diantara mereka.
  • Menurut Wibowo (2001:3).Bahasa yaitu sistem simbol suara yang bermakna yang dihasilkan oleh organ oral insan  yang sifatnya  arbitrer dan konvensional, yang digunakan sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok insan untuk memberikan pesan perasaan dan pikiran dalam kehidupan sehari - hari.
  • Menurut William A. Haviland Bahasa yaitu suatu sistem suara yang apabila  digabungkan berdasarkan hukum dan tata cara tertentu yang dipatenkan lalu mengakibatkan arti yang sanggup diterima dan dipahami  oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.
  • Carrol : Bahasa yaitu sebuah system komunikasi  berstruktural yang memakai suara dan urutan suara a yang bersifat manasuka, yang sanggup digunakan untuk berinteraksi antar individu oleh sekelompok insan dan yang secara bermakna  memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses atau tata cara  dalam lingkungan hidup manusia

Dari bebrapa  definisi diatas sanggup disimpulkan bahwa bahasa dalah suatu alat komunikasi yang berbentuk verbal  atau tertulis sehingga bisa mengakibatkan interaksi antara satu individu dengan individu lain dalam suatu ruang lingkup kehidupan.

B. Fungsi Bahasa

  1. Bahasa sebagai sarana atau alat  berkomunikasiBahasa berfungsi sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat sebagai sarana berinteraksi antara satu individu dengan individu lain.
  2. Bahasa sebagai sarana integrasi dan pembiasaan bahasa  dapat menyatukan insan untuk hidup bersama dalam suatu ikatan.contoh hidup dalam ikatan rumah tangga, pekerjaan dan perdagangan.
  3. Bahasa sebagai sarana kontrol sosialBahasa sebagai kontrol sosial berfungsi untuk mengendalikan komunikasi biar orang yang terlibat dalam komunikasi sanggup saling memahami sehingga tidak terjadi kesalah pahaman.
  4. Bahasa sebagai sarana ekspresi diriBahasa sebagai ekspresi diri  dalam berinteraksi didalam lingkungan hidupnya.seperti ekspresi cinta, ekspresi marah,dan ekspresi senang.
  5. Bahasa sebagai sarana memahami orang lain.
Demikian klarifikasi perihal Pengertian Dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia kami sangat bahagia jikalau pemirsa pembaca mau memperlihatkan kritik atau saran biar kami lebih baik lagi. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga :

Baca Juga :

Baca Juga :

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia"