Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Nilai Usaha Dalam Pancasila Dan Uud 1945

Berikut ini akan dijelaskan bahan yang berkaitan dengan nilai nilai dalam pancasila, nilai-nilai pancasila, nilai-nilai perjuangan, macam macam nilai pancasila, pelaksanaan nilai nilai pancasila, dan nilai-nilai dalam konstitusi pertama.


Nilai-nilai Dalam Konstitusi Pertama

Dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia hingga memperoleh kemerdekaan, terdapat nilai-nilai usaha yang patut kau pertahankan dan laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang sanggup kau praktikan, yaitu sebagai berikut.


  • Nilai persatuan dan kesatuan, yaitu pencapaian janji atas batang badan Undang-Undang Dasar 1945 memerlukan jiwa persatuan dan kesatuan. Golongan nasionalis dan golongan nasionalis agamis tidak mempertahankan pendapatnya. Golongan nasionalis dan golongan nasionalis agamis tidak ingin keutuhan dan kemerdekaan yang telah dicapai menjadi terpecah belah kembali. Untuk itulah, pembatalan tujuh kata kunci dalam rumusan Piagam Jakarta memperlihatkan semangat menjaga ke utuhan bangsa dan negara.
  • Nilai rela berkorban, yaitu para pejuang telah memperlihatkan semangat juang yang tinggi dan pengorbanannya yang tidak ternilai dan tanpa pamrih. Semuanya berkeinginan semoga bangsa Indonesia sanggup merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang telah dicapai dengan susah payah dari tangan penjajah.
  • Nilai nasionalisme atau cinta tanah air, yaitu kesungguhan dan rela berkorban ialah salah satu bukti rasa cinta tanah air. Para pejuang bangsa telah memperlihatkan bahwa pengorbanannya didasari oleh rasa patriotisme, bukan keinginan untuk memperoleh kekuasaan, apalagi kekayaan.
  • Nilai tenggang rasa, yaitu perilaku saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat antarpribadi dan golongan. Perbedaanperbedaan dalam memilih dasar negara (isi batang badan UUD) tidak menyebabkan mereka bermusuhan. Akan tetapi, dengan semangat musyawarah, mereka mencapai janji luhur yang sanggup diterima oleh semua pihak.


Apakah nilai-nilai tersebut telah kau miliki dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari? Nilai-nilai tersebut memperlihatkan bahwa para pejuang telah memperlihatkan suri pola bagi kau sebagai generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan.

Bangsa yang besar ialah bangsa yang tidak melupakan jasajasa pahlawannya dan menghargai pah lawannya. Penghargaan bagi hero ialah meneruskan keinginan usaha mereka dan melestarikan nilai-nilai perjuangannya.

Oleh sebab itu, kiprah kita sebagai pelajar ialah mencar ilmu dengan sungguh-sungguh untuk membangun dan membuat masyarakat Indonesia yang lebih maju dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Lihat juga: Suasana Kebatinan Penyusunan Konstitusi

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Macam-Macam Nilai Usaha Dalam Pancasila Dan Uud 1945"