Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan, Penyakit Dan Kelainan Pada Sistem Pernapasan Manusia

Pembahasan pada artikel kali ini akan menjelaskan ihwal gangguan pada sistem pernapasan, penyakit pada sistem pernapasan dan kelainan pada sistem pernapasan manusia.

Gangguan Sistem Pernapasan Manusia

Pernapasan insan dapat terganggu lantaran penyakit atau kelainan organ pernapasan, menyerupai hipoksia. Hipoksia, yaitu suatu keadaan jaringan badan kekurangan oksigen. Hipoksia sanggup terjadi lantaran hal-hal berikut ini.

1. Influenza (flu)

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, yaitu hidung tersumbat, bersinbersin, dan terasa gatal.

2. Asma (sesak napas)

Asma merupakan penyakit penyumbatan kanal pernapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, abu atau tekanan psikologis. Asma bersifat menurun.
Pembahasan pada artikel kali ini akan menjelaskan ihwal gangguan pada sistem pernapasan Gangguan, Penyakit dan Kelainan pada Sistem Pernapasan Manusia
Gambar: TBC

3. Tuberculosis (TBC)

TBC disebabkan kuman Bacillus tuberculosis. Selain radang paru-paru, penyakit ini mengakibatkan alveolus mengandung banyak cairan sehingga mengganggu proses difusi antara oksigen dan karbon dioksida.

4. Pneumonia

Penyakit infeksi yang disebabkan virus atau kuman pada alveolus sehingga mengakibatkan radang paru-paru dan menghambat proses pernapasan.

5. Emfisima

Emfisima terjadi lantaran pembengkakan pada paru-paru akhir masuknya udara ke dalam pembuluh darah.

6. Kanker paru-paru

Penyakit ini mengakibatkan sel-sel tumbuh tidak terkendali dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jaringan kanker akan mendesak alveolus sehingga tidak berfungsi.

Penyebab kanker paru-paru yaitu akhir menghirup abu asbes, kromium, produk petroleum, dan radiasi ionisasi. Perokok mempunyai kemungkinan lebih besar terkena penyakit ini.

7. Tenggelam

Tenggelam sanggup mengakibatkan kram pada otot kanal pernapasan sehingga menutup udara pernapasan. Selain itu, karam sanggup mengakibatkan air, masuk ke dalam paru-paru dan mengisi alveolus sehingga orang tidak sanggup bernapas.

Baca juga: Bahaya Merokok bagi Pernapasan
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Gangguan, Penyakit Dan Kelainan Pada Sistem Pernapasan Manusia"