Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part I ( Lengkap Dan Premium )

 mas dennis akan mengajarkan bagaimana caranya menyetarakan reaksi redoks secara gampang dan Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part I ( Lengkap dan Premium )

Hello Sobat dan adik-adik ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini, mas dennis akan mengajarkan bagaimana caranya menyetarakan reaksi redoks secara gampang dan lengkap.

Bicara mengenai cara menyetarakan reaksi redoks,mas dennis jadi ingat dengan celotehan teman mas dennis dulu sewaktu mas dennis masih kelas 3 SMA. Ia berkata bahwa "materi mengenai penyetaraan reaksi redoks merupakan bahan kimia paling sulit di dunia dan telah dicatat di buku guiness world of record", ungkapnya kesal ,, mendengar celotehanya itu mas dennis hanya sanggup tertawa dan geleng-geleng kepala, hahahaha... mungkin itulah kenangan masa Sekolah Menengan Atas yang masih mas dennis ingat hingga ketika ini....

Sekarang pertanyaanya, apakah adik-adik sependapat dengan teman mas dennis itu ? Jika iya, maka kini adik-adik berada di kawasan yang sempurna ! Di panduan ini adik-adik akan berguru cara menyetarakan reaksi redoks dengan metode step by step, artinya adik-adik akan berguru langkah demi langkah cara menyetarakan reaksi redoks ini.

Untuk menyetarakan reaksi redoks sanggup dilakukan dengan 2 cara. Pertama, yaitu dengan metode setengah reaksi dan kedua yaitu dengan cara metode biloks. Sekarang kita mulai dengan metode yang pertama yaitu metode setengah reaksi.

A. Metode Setengah Reaksi

Metode ini disebut dengan metode setengah reaksi sebab langkah pertama yang harus kita lakukan dalam metode ini ialah membagi reaksi menjadi setengah reaksi, sesudah itu barulah kita lakukan langkah-langkah berikutnya. Jalan pengerjaan dalam metode setengah reaksi ini tidak mengecewakan panjang, Oleh sebab itu adik-adik harus berhati-hati dan teliti dalam menyetarakan reaksi redoks dengan memakai metode ini.

Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam metode setengah reaksi ini ialah sebagai berikut :

1. Membagi reaksi menjadi setengah reaksi.

2 .Setarakan koofesien pada masing-masing ruas

3. Bila terdapat atom O dan atom H di salah satu ruas, maka jumlah atom O dan atom H di kedua ruas harus disetarakan dengan hukum berikut :

1a. Dalam suasana asam, jumlah atom O disetarakan dengan cara menambahkan H2O pada ruas yang kekurangan jumlah atom O.

1b. Dalam suasana basa, jumlah atom O disetarakan dengan cara menambahkan OH- pada ruas yang kekurangan jumlah atom O.

2a. Dalam suasana asam, jumlah atom H disetarakan dengan cara menambahkan H+ pada ruas yang kekurangan jumlah atom H.

2b. Dalam suasana basa, jumlah atom H disetarakan dengan cara menambahkan H2O pada ruas yang kekurangan jumlah atom H.

Bila di kedua ruas tidak terdapat atom O dan atom H, maka jumlah atom O dan atom H tidak perlu disetarakan.

4. Setarakan muatanya dengan cara menambahkan elektron pada ruas yang mempunyai jumlah muatan yang lebih positif.

Untuk langkah selanjutnya akan mas dennis jelaskan nanti, kini kita eksklusif saja ke pola soal untuk menyetarakan reaksi redoks ini. Silahkan adik-adik sediakan kopi dan kacang panggang sebelum memulai, semoga adik-adik lebih rileks dan lebih santai dalam memahami bahan kita kali ini... Okay, the lesson is begin ! Keep Enjoy !!

Setarakanlah reaksi redoks dibawah ini dengan memakai metode setengah reaksi !

 mas dennis akan mengajarkan bagaimana caranya menyetarakan reaksi redoks secara gampang dan Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part I ( Lengkap dan Premium )


Ok, kita mulai ke pola soal yang pertama !


- Langkah pertama yang harus kita lakukan ialah membagi reaksi menjadi setengah reaksi, maka reaksi diatas harus kita bagi menjadi setengah reaksi !


-Langkah Kedua, kita setarakan koofesien pada masing-masing ruas !

 mas dennis akan mengajarkan bagaimana caranya menyetarakan reaksi redoks secara gampang dan Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part I ( Lengkap dan Premium )

-Langkah Ketiga , Bila terdapat atom O atau atom H di salah satu ruas , maka jumlah dari atom O dan atom H di kedua ruas harus disetarakan, sebab reaksi ini berlangsung dalam suasana asam maka ruas yang kekurangan atom O harus ditambahkan dengan H2O sedangkan ruas yang kekurangan atom H harus ditambahkan dengan H+

Pertama, kita setarakan jumlah atom O nya terlebih dahulu....


Setelah itu, kita setarakan jumlah atom H nya...



-Langkah Keempat, Setarakan muatanya dengan cara menambahkan elektron pada ruas yang mempunyai jumlah muatan yang lebih positif,

Sekarang kita setarakan muatan pada reaksi pertama !


Berarti ruas kiri mempunyai jumlah muatan yang lebih faktual dibandingkan dengan di ruas kanan, maka diruas kiri harus ditambahkan 6 buah elektron semoga kedua ruas sama-sama mempunyai 6 buah muatan positif.


Sekarang kita setarakan muatan pada reaksi kedua !



Berarti ruas kanan mempunyai jumlah muatan yang lebih faktual dibandingkan dengan di ruas kiri, maka di ruas kanan harus ditambahkan 2 buah elektron semoga kedua ruas sama-sama mempunyai 2 buah muatan negatif.



-Langkah Kelima, setarakan jumlah elektron dan jumlahkan kedua reaksi tersebut !

Pekerjaan kita hampir selesai, kiprah kita kini ialah menyetarakan jumlah elektron dan menjumlahkan kedua reaksi tersebut !.

Pertama, kita setarakan dulu jumlah elektronya !




Maka balasannya ...



Dan Hasil Akhirnya...


Pastikan semuanya sudah setara...


Bersambung ke Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part II ( Soal No 3 )
 

Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part I ( Lengkap Dan Premium )"