Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tumbuhan Penyimpan Cadangan Makanan

Selain fotosintesis, dalam badan flora juga terjadi proses-proses lainnya. Misalnya akar menyerap air, batang bertumbuh, dan bunga mekar. Tumbuhan membutuhkan energy untuk berlangsungnya proses-proses tersebut. Energi flora di peroleh dari karbohidrat yang dihasilkan melalui reaksi foto sintesis.

Lakukanlah acara berikut untuk mengetahui manfaat karbohidrat hasil fotosintesis bagi prtumbuhan tumbuhan.jika kebutuhan energi dari karbohidrat telah cukup, kelebihannya akan disimpan tumbuhan. Kelebihan karbohidrat ini disimpan sebagai kuliner cadangan. Bagian badan flora yang dipakai sebagai daerah penyimpanan kuliner cadangan yaitu:

1. Biji, misalkan flora kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai), padi, jarak, Bungan matahari, dan jagung.

2. Buah, misalkan pada flora mangga, jeruk, pisang, apel, semangka, durian, pepeya, salak, kelapa, nanas , dan flora buah lainnya.

3. Batang, misalmya flora ubi kayu (singkong), ubi jalar, kentang, dan wortel.
Pada beberapa kondisi, flora memakai cadangan makananya yang disimpannya. Misalnya, cadangan kuliner di biji dipakai untuk pertumbuhan flora baru. Manusia dan binatang juga memanfaatkan cadangan kuliner Yang disimpan oleh tumbuhan. Manusia dan hewan, yang tidak sanggup menghasilkan makanannya sendiri, memanfaatkan hasil fotosintesis flora ini sebagai sumber makanannya.
Baca Juga: Bentuk Interaksi Antar Komponen Biotik

TUMBUHAN SEBAGAI SUMBER MAKANAN

Bagi makhluk hidup lain yang tidak sanggup menciptakan kuliner sendiri, flora merupakan sumber kuliner utama. Manusia dan binatang sangat bergantung pada tumbuhan. Mari kita pelajari,mana sajakah bab badan flora yang dipergunakan sebagai sumber makanan.

1. UMBI
Umbi ialah baian flora yang mengembung alasannya ialah menyimpan kuliner cadangan.
Umbi sanggup dapat terbentuk diakar. Seperti terhadap pada singkong, wortel, dan dahlia.Umbi juga sanggup terbentuk dibatang, Misalnya pda kentang dan ubi jalar. Umbi-umbian tersebut sanggup menjadi sumber kuliner bagi insan dan hewan. Singkong, kentang, dan ubi jalar yang penuh dengan karbohidrat sering kali dipakai sebagai pengganti kuliner pokok nasi atau gandum.

2. BATANG
Batang flora tebu, sagu dan bambu muda merupakan sumber makanan. Sagu sanggup dipakai sebagai sumber kuliner pokok. Jika kau menghisap batang tebu, kau akan mencicipi air tebu yang cantik dan menawarkan tenaga. Tebu juga diolah untuk menghasilkan gula pasir. Tunas bamboo yang muda atau rebung sanggup diolah menjadi sayuran.

3. DAUN
Banyak jenis daun yang sanggup dimakan, contohnya daun papaya, daun singkong, kangkung, sawi, kacang panjang, dan selada. Daun-daunan ini diolah menjadi sayuran atau ada yang dimakan tanpa diolah (lalap).
Baca Juga: Kegunaan, Manfaat dan Fungsi Makanan bagi Tubuh (Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, dan Mineral)
4. BUNGA
Bunga flora ada yang sanggup dimakan, contohnya bunga turi, bunga papaya, kembang kol, dan bunga pisang. Bunga kol berbentuk bundar menyerupai bola. Bunga pisang biasanya disebut jantung pisang.

5. BUAH
Jenis buah yang sanggup dimakan sangat banyak, ada buah-buahan yang dimakan sebagai pencuci mulut, diolah dalam sayuran, dan dibentuk minuman, Karena buah dan sayur merupakan sumber serat dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh.

6. BIJI
Biji-bijian yang sanggup dimakan yaitu biji kacang-kacangan, padi, jagung dan gandum. Biji gandum diolah menjadi terigu, kemudian terigu, sanggup diolah menjadi roti atau kue.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Tumbuhan Penyimpan Cadangan Makanan"