Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Struktur Dan Fungsi Kromosom

Pengertian Kromosom, Struktur Kromosom, Tipe Kromosom, Jumlah, dan Penentuan Jenis Kelamin Kromosom ialah topik pembahasan pada postingan kali ini. Langsung saja ya

A. PENGERTIAN KROMOSOM
Kromosom yakni unit genetik yang terdapat dalam setiap inti sel pada tiruana makhluk hidup, kromosom berbentuk deret panjang molekul yang disusun oleh DNA dan protein-protein.
Artikel Penunjang : Pengertian,Struktur, Fungsi dan Replikasi DNA
Setiap sel terdiri dari tiga potongan utama, yaitu nukleus (inti Sel), Sitoplasma (cairan sel), dan Membran pelindung sel. Di dalam nukleus, terdapat benang-benang halus yang disebut ‘kromatid’, apabila terjadi pembelahan sel, maka benang-benang halus itu dipintal membentuk kromosom. Seperti yang saya jelaskan di atas, Kromosom yakni struktur padat yang terdiri dari dua komponen molekul, yaitu protein dan DNA. Struktur pada kromosom ini spesialuntuk akan tampak terang pada metafase pembelahan sel. Jika teman bersahabat ingin tahu lebih lanjut wacana pembelahan sel silahkan Klik Disini.

Kromosom ini berfungsi sebagai penyimpanan materi materi genetik kehidupan. Ia terdiri dari DNA, kita tahu DNA mempunyai kiprah sangat penting, yaitu untuk menjalankan kiprah sehari-hari, dan juga menyimpan setiap informasi genetik, ia sanggup juga memmenolong pribadi suatu organisme untuk tumbuh. Makara kromosom ini mempunyai fungsi yang besar dalam badan kita.

B. STRUKTUR KROMOSOM
Kromosom dibuat dari DNA yang diberikatan dengan beberapa protein histon. Dari Ikatan ini dihasilkan Nukleosom, yang mempunyai ukuran panjang sekitar 10 nm. Kemudian nukleosom akan membentuk lilitan-lilitan yang sangat banyak yang menjadi penyusun dari kromatid (lengan kromosom) , satu lengan kromosom ini kira-kira mempunyai lebar 700 nm.
Struktur Penyusun Kromosom

Gambar di bawah ini ialah bentuk kromosom secara umum
Bentuk Kromosom
Berikut yakni klarifikasi dari bagian-bagian kromosom
1.Kromatid
Kromatid ialah potongan lengan kromosom yang terikat satu sama lainnya, 2 kromatid kembar ini diikat oleh sentromer. Nama jamak dari kromatid yakni kromonema. Kromonema biasanya terlihat pada pembelahan sel masa profase dan kadang – kadang interfase.

2. Sentromer
Pada kromosom terdapat satu kawasan yang tidak mengandung gen (informasi genetik), kawasan ini dinamakan Sentromer. Pada masa pembelahan, sentromer ialah struktur yang sangat penting, di potongan inilah lengan kromosom (kromatid) saling menempel satu sama lain pada masing-masing potongan kutub pembelahan. Bagian dari kromosom yang menempel pada sentromer dikenal dengan istilah ‘kinetokor’.

3.Kromomer
Kromomer yakni struktur berbentuk manik-manik yang ialah akumulasi dari materi kromatid yang adakala terlihat pada pembelahan masa interfase. Pada kromosom yang sudah mengalami pembelahan berkali-kali, biasanya kromomer ini sangat terang terlihat.

4.Telomer
Telomer yakni potongan meliputi DNA pada kromosom, fungsinya untuk menjaga stabilitas ujung kromosom semoga DNA nya tidak terurai.

C. TIPE KROMOSOM
Apabila dibedakan menurut letak sentromer pada lengan kromatid, maka akan ada 4 tipe kromosom.
  • Talosentrik, yaitu kromosom yang sentromer nya terletak di ujung kromosom.
  • Metasentrik, yaitu kromosom yang sentromer nya terletak di tengah kromatid sehingga secara relatif membagi kromatid menjadi dua bagian.
  • Submetasentrik yakni kromosom yang letak sentromernya mendekati potongan tengah, namun tidak pada potongan tengah, sehingga kromatid nya terlihat sedikit panjang sebelah.
  • Akrosentrik, yaitu kromosom yang letak sentromer nya berada diantara tengah dan ujung lengan kromatid.
Tipe Sentromer

 D. JUMLAH KROMOSOM
Dalam badan suatu organisme terdapat jumlah kromosom yang tidak sama-beda.
Pada Organisme terdapat dua macam kromosom, yaitu :
  • Kromosom Seks (Genosom) yang memilih jenis kelabuin
  • Kromosom Tubuh (Autosom) yang tidak memilih jenis kelabuin
Kromosom pada makhluk hidup biasanya ditemukan dalam keadaan berpasang-pasangan, oleh sebab itu disebut diploid. Kromosom diploid dipertahankan dari generasi ke generasi dengan pemebelahan mitosis (pembelahan yang menghasilkan dua anak yang bersifat sama dengan induknya). Kromosom yang berpasangan (kromosom homolog) mempunyai bentuk, ukuran, dan komposisi yang sama.

Pada insan setiap sel somatik berjumlah 46 (kecuali sel sperma dan ovum, sebab mempunyai set tunggal kromosom) kromosom atau 23 pasang. 46 kromosom insan ini ialah dua set kromosom yang terdiri dari masing-masing 23 kromosom, yaitu satu set maternal (dari ibu) dan satu set paternal (dari ayah). Gambar di bawah ialah bentuk 23 pasang kromosom manusia
Kromosom Manusia
 Berikut yakni jumlah kromosom pada makhluk hidup lainnya
                                            Tabel Jumlah Kromosom Organisme




E. KONSEP PENENTUAN JENIS KELAMIN
Ada satu konsep penting dalam mempelajari kromosom homolog pada sel somatik, yaitu adanya kromosom unik, yang disebut kromosom X dan Y. Dari 23 pasang kromosom 22 pasang diantaranya ialah autosom (tidak memilih jenis kelabuin) dan 1 pasang genosom

  • Wanita mempunyai kromosom homolog X (XX), Meskipun kaum perempuan mempunyai dua kromosom X, salah satunya akan menjadi tidak aktif dikala masa embrio.
  • Pria mempunyai sebuah kromosom X dan sebuah kromosom Y

Jadi Kromosom X dan Y ini akan memilih kelabuin individu, apabila kromosom anak yang lahir XX maka ia perempuan, apabila kromosomnya XY maka ia yakni laki-laki.

referensi : 

  • Setiowati,Tetty. 2007. Biologi Interakif kls. XII. Jakarta : Azka Press.
  • Aryulina, Diah, dkk. 2011. BIOLOGY 3A Bilingual. Jakarta : Erlangga.
  • Ariebowo, Moekti. 2007. Mudah Belajar Biologi. Jakarta : Visindo Media Persada.

Itulah postingan kami kali ini wacana Kromosom, saya harap sanggup menambah ilmu teman bersahabat tiruana setelah membacanya, dan gampang-gampangan terus bermanfaa. Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini. Jangan lupa Komentar dan juga like nya ya J.

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian, Struktur Dan Fungsi Kromosom"