Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Teori Atom


Pengertian Atom ialah judul kali ini.“Atom” kata ini berasal dari bahasa yunani atomos yang berarti tidak sanggup dipotong. Sesuai pengertian tersebut,Atom-atom ialah partikel penyusun tiruana benda yang berukuran sangat kecil. Di dalam atom juga terdapat sub-atom, yaitu partikel penyusun atom yang ukurannya lebih kecil. Sulit bagi kita untuk membayangkan seberapa kecil atom ini, satu titik yang ada di final kalimat ini saja mempunyai panjang sekitar 20 juta atom. Setiap atom mempunyai inti, yang terdiri dari proton dan neutron, serta elektron yang bergerak cepat di sekitar inti. Elektron-elektron ini terdapat pada tingkatan energi yang tidak sama-beda, yang disebut kulit, tiap kulit mempunyai jumlah batas untuk elektron, apabila elektron di kulit pertama sudah memenuhi batas, maka elektron akan memenuhi kulit kedua dan seterusnya.
Atom

Berdasarkan klarifikasi di atas, elektron,neutron dan proton ialah bab terkecil dari atom, namun para ilmuan modern beropini bahwa proton dan neutron tersusun atas partikel-partikel yang lebih kecil lagi yang disebut kuark. Jika teman akrab masih ingin tahu lebih banyak wacana atom ini, mari simak yang diberikut.

A.Teori-Teori Atom
Istilah “atom” pertama kali dipakai oleh kimiawan asal inggris berjulukan John Dalton(1766-1844) ketika dia mengajukan teori atomnya pada tahun 1807.

John Dalton
Dalton menyampaikan bahwa tiruana unsur kimia tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil, yang disebut atom, yang tidak sanggup pecah ketika zat-zat kimianya direaksikan. Satu lagi pendapatnya yaitu tiruana reaksi kimia ialah akhir saling bergabungnya atau terpisahnya atom-atom. Teori atom dalton menjadi dasar untuk ilmu pengettahuan modern.
Pada kala ke dua puluh, para ilmuan mulai membuat model model atom.Seperti yang dibentuk oleh

  • Ernest Rutherford (1871-1937)  Ia menggambarkan elektron-elektron yang bermuatan negatif mengelilingi inti yang bermuatan positif.
  • Neils Bohr (1885-1962)  dia menggambarkan model dengan elektron-elektron mengikuti orbit-orbit tertentu.
  • Jame Chadwick (1891-1962)  dia menyampaikan sebuah inti terdiri atas partikel-partikel yang disebut neutron dan proton.

B.Massa Atom
Atom pada unsur yang tidak sama mempunyai massa yang bervariasi. Massa tersebut tergantung pada jumlah proton dan neutron di dalam intinya. Sebuah atom hidrogen mempunyai satu proton dan tidak mempunyai neutron, sehingga spesialuntuk mempunyai massa atom satu. Semakin besar massa atom, semakin kecil atom tersebut.

C.Nomor Atom
Atom-atom dari zat yang tidak sama mempunyai jumlah proton yang tidak sama pula di dalam intinya. Jumlah proton dalam inti ini disebut Nomor Atom.  Apabila jumlah proton dalam inti atom berubah, maka atom tersebut akan berkembang menjadi atom dengan sifat tidak sama dari sebelumnya.

D.Gaya Atom
Elektron yang bermuatan negatif akan dijaga tetap berada di orbit sekeliling inti bermuatan konkret oleh gaya elektromagnetik. Gaya tarik inti, yang mejaga proton dan neutron tetap di dalam inti atom ialah gaya yang paling berpengaruh di alam semesta ini. Gaya ini seratus kali lebih berpengaruh dibandingkan gaya elektromagnetik.
Artikel Penunjang : Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi
E.Muatan Listrik
Kebanyakan dari atom-atom yang ada mempunyai muatan listrik yang netral, artinya jumlah proton yang bermuatan konkret dan jumlah elektron yang bermuatan negatif sama banyak. Muatan-muatan yang mempunyai gaya tarik menarikdanunik ini saling meniadakan.

F.Bentuk Atom
Atom mempunyai bentuk yang bervariasi, yang disebut Isotop. Masing-masing bentuk mempunyai jumlah proton dan elektron yang sama tetapi jumlah neutron yang tidak sama. Makara tiruana isotop dari sebuah atom mempunyai nomor atom yang sama namun nomor massa yang tidak sama.
Isotop-isotop mempunyai sifat-sifat fisik yang sama, namun sifat kimia yang tidak sama. Sebagian besar atom dalam sebuah unsur ialah satu jenis unsur.


Sekian postingan saya kali ini yang mengangkat tema “Atom”.Sebenarnya masih sangat banyak hal yang berkaitan dengan atom yang tidak saya bahas disini, mungkin alasannya ialah ilmu saya juga belum memadai untuk mengulasnya. Nah terimakasih kepada teman akrab yang udah mau mampir ke blog sederhana ini. Kalo punya kesan dan pesan yang berafiliasi dengan postingan silahkan di tulis di kotak komentar (tidakboleh sungkan).Simak terus Softilmu.blogspot.com.

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Teori Atom"