Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Dan Permasalahan Biologi (Part 2)


Merupakan struktur badan yang kompleks yang terdiri dari kumpulan jaenteng.

Organ pada binatang dibedakan menjadi 2:
  • Organ luar, misalnya: tangan, kaki, hidung, mulut, telinga, mata.
  • Organ dalam, misalnya: hati, ginjal, usus, jantung, paru-paru, saraf.


Organ pada flora :
  • Akar, berfungsi menyerap air dan zat-zat makanan, memperkukuh berdirinya batang, menyimpan cadangan makanan, dan alat perkembangbiakan vegetatif.
  • Batang, berfungsi sebagai daerah tumbuhnya daun, alat penyimpanan cadangan makanan, alat perkembangbiakan vegetatif, alat transportasi zat masakan dari akar ke daun dan hasil asimilasi dari daun ke seluruh bab tumbuhan.
  • Daun, berfungsi sebagai daerah fotosintesis, daerah menyimpan materi makanan, alat perkembangbiakan vegetatif (pada flora tertentu), alat evaporasi (penguapan), dan alat respirasi (melalui stomata).
  • Bunga, berfungsi sebagai alat pembentuk sel kelabuin.
  • Buah, berfungsi menghasilkan biji yang mengandung embrio atau forum sebagai alat perkembangbiakan bagi tumbuhan.


Organisasi Kehidupan Tingkat Sistem Organ

Yaitu kelompok banyak sekali organ yang bekerja sama untuk melaksanakan suatu fungsi tertentu. Sistem organ akan membentuk organisme (individu).

misal sistem organ, yaitu: 
  • Sistem peredaran darah tersusun atas organ jantung, pembuluh darah, darah.
  • Sistem pernapasan tersusun atas organ hidung, tenggorokan, paru-paru.
  • Sistem organ flora pada umumnya terdiri atas:
  • Sistem pengangkutan yang mencakup pembuluh kayu dan pembuluh tapis;
  • Sistem pernapasan, terdiri atas stomata (mulut daun) dan pembuluh pengangkut;
  • Sistem reproduksi (perkembangbiakan), terdiri atas putik dan benang sari pada bunga.


Organisasi Kehidupan Tingkat Individu

Satu-satuan makhluk hidup disebut individu. Individu ialah satuan makhluk hidup tunggal. Setiap insan melaksanakan proses hidup dalam tubuhnya. Proses hidup ini berjalan terpisah dan tidak sama dalam tiap-tiap badan manusia.

Kadang-kadang organisme yang sama berkelompok menjadi satu sehingga secara keseluruhan terlihat sebagai satu individu, tetapi tidak demikian bila diselidiki  lebih lanjut. Untuk itu, perlu dipelajari lebih lanjut wacana kajian biologi yang mencakup jenis-jenis organisme, kedudukan secara taksonomis, cara memperoleh makanan, cara bereproduksi, cara bergerak, cara mempertahankan diri, dan cara menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.



Organisasi Kehidupan Tingkat Populasi

Sekelompok individu sejenis yang tinggal di suatu daerah pada waktu tertentu disebut ‘populasi’. misal populasi, yaitu sepuluh tumbuhan bunga mawar di kebun bunga; sepasang merpati atau kupu-kupu di taman bunga.

Objek kajian biologi pada tingkat populasi ini mencakup perkembangan populasi, angka atau jumlah kelahiran/kematian, perpindahan atau migrasi, kompetisi atau persaingan antar anggota populasi dalam memperebutkan pasangan, makanan, atau tempat.

Organisasi Kehidupan Tingkat Komunitas

Merupakan populasi tiruana macam spesies yang menduduki suatu habitat. Spesies dalam komunitas sanggup berperan sebagai produsen, konsumen, pengurai, dan detritrivor. misal komunitas yaitu komunitas sawah (ada populasi belalang, ada populasi padi, ada populasi ular, dan lain-lain).

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Objek Dan Permasalahan Biologi (Part 2)"