Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persebaran Tanaman Dan Fauna Di Dunia

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog sederhana yang membuatkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Sesuai dengan Judul Artikelnya, kali ini kami akan mengulas ihwal Persebaran Flora dan Fauna Di Dunia. Semoga sanggup bermanfaa J

A. PERSEBARAN FLORA DI DUNIA
Flora yang hidup di daratan sangatlah bervariasi dan terletak mulai dari wilayah khatulistiwa hingga ke wilayah kutub. Secara umum tumbuhan yang hidup di daratan sanggup diklasifikasikan atas Hutan, Sabana, Stepa dan Gurun.

1. Bioma Hutan
  • Hutan Hujan Tropis : Ciri-cirinya yaitu: pohonnya tinggi dan lebat, jenisnya sangat bervariasi (heterogen). Sebagian besar jenis tumbuhan di dunia terdapat pada hutan jenis ini yang diperkirakan mencapai lebih dari 3000 spesies. Pada hutan ini terdapat jenis-jenis tumbuhan tumbuhan yang melekat ibarat anggrek, rotan, jamur, dan lumut. Adanya tumbuhan ini pertanda kelembaban udara sangat tinggi. contohnya antara lain hutan-hutan di Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan, Irian), Brazil (Amazone), India, Amerika Tengah (Florida) dan Karibia.
  • Hutan Musim : terdapat di daerah yang mempunyai animo kering  dan animo hujan. Ciri-cirinya yaitu gugurnya daun-daun pada animo kemarau. Berbeda dengan hutan hujan tropis yang pohon-pohonnya sangat lebat sehingga sinar matahari susah untuk hingga ke tanah, maka pada hutan animo pohon-pohonnya lebih sedikit, tidak terlalu tinggi dan jumlah spesiesnya tidak begitu banyak, sehingga sinar matahari praktis untuk hingga ke tanah. Hutan ini terdapat di India, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia (Jawa Timur, Sulawesi, Nusa tenggara).
  • Hutan Musim Daerah Sedang : terdapat di wilayah iklim yang mempunyai empat musim, yaitu animo gerah, dingin/salju, gugur, dan semi. Vegetasi di hutan ini pada umumnya berupa tumbuhan berkayu yang mempunyai daun lebar, perakaran yang dalam, dan kulit yang kasar.
  • Hutan Hujan Daerah Sedang : terdapat di daerah-daerah pantai di belahan bumi Utara dan Selatan, wilayah dataran tinggi dan tropis. Ciri-cirinya adalah: daunnya hijau, kurang rimbun dan spesiesnya tidak banyak. Pohonnya tidak begitu tinggi dan daunnya lebih kecil dan tidak banyak terdapat semak belukar. Vegetasi yang khas di hutan ini antara lain pakis, palem, dan bambu. Hutan ini terdapat di Amerika Serikat dan Eropa yang diberiklim kontinen (benua).
  • Hutan Rontok Daerah Sedang : terdapat di wilayah yang mempunyai iklim yang cuek (Winter) dan iklim gerah (Summer),  yaitu di Amerika Utara dan Eropa Barat. Vegetasi yang terdapat di wilayah ini yaitu pohon-pohon tinggi ibarat cemara dan pinus serta pohon-pohon kecil.
  • Hutan Berdaun Jarum (Conifer) : terdapat di daerah iklim sedang hingga cuek ibarat di Kanada Utara, Sidiberia dan pepegununganan tinggi wilayah tropikal. Tumbuhannya antara lain pinus, cemara, dan sequoia yang ialah pohon yang terbesar di dunia, terdapat di California. Pohon ini mencapai ketinggian lebih dari 75 m.
  • Hutan Berkayu Keras : terdapat di daerah iklim mediteranian (iklim yang terdapat di wilayah mediterania atau daerah maritim tengah). Ciri-cirinya yaitu daunnya berwarna hijau, pohon tidak terlalu tinggi namun berkayu dan berdaun keras. contohnya pohon oak atau zaitun.
  • Hutan Taiga : terdapat di daerah iklim cuek di belahan bumi utara dan di pepegununganan tinggi. Sebagian besar jenis pohonnya yaitu jenis-jenis tusam yang berdaun dan tahan terhadap suhu dingin.

2. Bioma Sabana
Sabana ialah suatu wilayah vegetasi di daerah tropis atau subtropis yang terdiri atas pohon-pohon yang tumbuh dengan jarang dan diselingi oleh semak belukar serta rerumputan. Sabana terdapat di Australia, Brasilia, Venezuela, dan Indonesia. Sabana biasanya ialah daerah peralihan antara hutan dan padang rumput.

3. Bioma Padang Rumput
Steppa ialah padang rumput yang luas dengan diselingi oleh pohon-pohon perdu, membentang dari daerah tropis hingga daerah subtropis yang curah hujannya tidak teratur dan susah mendapat air. Terdapat antara lain di Australia, Argentina, Brasilia, Amerika Serikat, dan Afrika Utara.

4. Tundra
Tundra, yaitu rumput kerdil yang tahan dengan suhu yang sangat dingin, terdapat di daerah yang berbatasan dengan kutub di mana suhu udara sangat cuek ibarat di Rusia Utara, Kanada Utara, Norwegia, dan Finlandia. contohnya yaitu lumut. Sesudah es mencair tumbuhan tundra yang beku sanggup hidup lagi. Daerah tundra sanggup mengalami malam atau siang yang sangat usang hingga berbulan-bulan.

5. Gurun
Gurun ialah tempat yang susah bagi tumbuhan untuk sanggup tumbuh. alasannya sangat gerah pada siang hari, dan sangat cuek pada malam hari dan juga belum sempurnanya air. Hujan sekitar setahun sekali sehingga jenis tumbuhan yang hidup disana yaitu jenis tumbuhan yang tahan terhadap kekeenteng ibarat pohon kaktus dan beberapa jenis rumput berduri. Gurun Sahara di Afrika ialah gurun terbesar di dunia. Lainnya terdapat di Peru (Gurun Atacama), Gurun Gobi yang membentang melalui Cina dan Mongolia.
Artikel Penunjang : Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia
B. PERSEBARAN FAUNA DI DUNIA
Pola persebaran fauna di dunia terbagi menjadi delapan wilayah pelayaran, yaitu :
PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA
1. Fauna Paleartik
Daerah persebarannya mencakup daerah Sidiberia, Rusia, sebagian besar benua Eropa, daerah sekitar Laut Mediterania hingga Afrika, Cina, dan Asia. Jenis fauna yang termasuk ke kelompok ini yaitu anjing, serigala, tikus, kelinci, panda.

2. Fauna Neartik
Daerah persebarannya mencakup Amerika Utara hingga Meksiko. Jenis faunanya antara lain antelop bertanduk cabang, tikus berkantung,kalkun, banyak sekali jenis species burung, anjing, kelinci, ular, kura-kura, dan tupai.
Artikel Penunjang : Hewan Hewan Langka Di Indonesia
3. Fauna Neotropik
Daerah persebarannya mencakup Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko potongan selatan, India potongan barat. Jenis fauna ini yaitu armadillo, piranha, belut listrik, ilama, buaya, kadal, dan banyak sekali kera.

4. Fauna Ethiopia
Daerah persebarannya mencakup Afrika, Jazirah Arab potongan Selatan, dan Madagaskar. Jenis fauna ethiopia yaitu kuda nil, gorila, simpanse, unta, teringgiling, zebra, cheetah, dan singa.

5. Fauna Oriental
Daerah persebarannya mencakup Asia Selatan, Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Jenis fauna ini yaitu badak, gajah, orang utan, gibbon, banteng, banyak sekali jenis unggas, ikan, reptil, serangga.

6. Fauna Australia
Daerah persebarannya mencakup Papua dan kepulauan didekatnya. Fauna jenis ini yaitu kanguru, platypus, kuskus, koala, wallaby, cenderawasih.

7. Fauna Oceania
Daerah persebarannya mencakup New Zealand, dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Jenis fauna ini antara lain kiwi dan sphenodon.

8. Fauna Antartika
Daerah persebarannya mencakup Benua Antartika dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jenis fauna ini antara lain pinguin dan anjing laut.

Nah Itulah pembahasan untuk Persebaran Flora dan Fauna Di Dunia. Semoga praktis dimengerti dan sanggup bermanfaa ilmunya. Silahkan di share jikalau sobat erat berkenan. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa follow, like dan komentarnya ya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Persebaran Tanaman Dan Fauna Di Dunia"