Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Jenis Perikanan Di Indonesia Beserta Contohnya

Perikanan merupakan salah satu mata pencaharian yang besar di Indonesia. Karena, Negara kita kaya akan potensi perikanan.

Selain mempunyai bahari yang luas dan garis pantai yang panjang, Indonesia juga mempunyai sumber air darat yang melimpah. Semua potensi tersebut sanggup dipakai untuk mendukung sektor perikanan.

Berdasarkan jenis perairannya, perjuangan perikanan sanggup dibedakan sebagai berikut.

a. Perikanan Darat

Perikanan darat merupakan perjuangan pembudidayaan atau penangkapan ikan yang dilakukan di daratan. Pembudidayaan perikanan darat sanggup dilakukan di tambak, keramba, kolam, empang, dan lainnya.

Perikanan darat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1) Perikanan air payau

Perikanan air payau dilakukan di tepi-tepi pantai yang datar dalam bentuk tambak atau empang. Jenis ikan yang diusahakan ialah udang dan bandeng.

2) Perikanan air tawar

Perikanan air tawar mencakup perikanan di sawah, kolam, danau, sungai, dan keramba. Jenis-jenis ikan yang diusahakan ialah ikan mas, nila, lele, gurami.
mata pencaharian yang besar di Indonesia 2 Jenis Perikanan di Indonesia beserta Contohnya
Gambar: Salah satu jenis perikanan di Indonesia

b. Perikanan Laut

Usaha pembudidayaan atau penangkapan hewan-hewan bahari disebut dengan perikanan laut. Penangkapan hewan-hewan bahari biasanya dilakukan oleh penduduk yang tinggal di daerah pesisir.

Nelayan biasanya menangkap hewan-hewan bahari di daerah laut-laut dangkal atau zona neritik. Secara tradisional, para nelayan biasanya memakai perahuperahu kecil.

Penangkapan besar-besaran biasanya memakai bahtera motor yang besar. Jenis peralatan yang dipakai untuk menangkap ikan sangat beragam, contohnya pancing, jala, jaring, sero, dan lainnya.

Potensi perikanan bahari Indonesia sangat besar, alasannya hampir 60% wilayah Indonesia merupakan perairan laut. Jenis ikan yang dihasilkan antara lain tongkol, cucut, biawak, dan tuna.

Pusat perikanan bahari di Indonesia

Pusat perikanan bahari di Indonesia adalah:

1) Bagan Siapi-api (Riau) merupakan pelabuhan ikan terbesar di Indonesia.

2) Cilacap dan Tegal (Jawa Tengah)

3) Muncar (Banyuwangi, Jawa Timur)

4) Airtembaga (Sulawesi Utara).

Hasil penangkapan ikan, baik perikanan darat atau bahari perlu diawetkan biar sanggup bertahan lama. Cara-cara yang sanggup dilakukan antara lain pendinginan, penggaraman, pemindangan, pengasapan, dan pengalengan.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "2 Jenis Perikanan Di Indonesia Beserta Contohnya"