Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Modal Koperasi

Koperasi yang memiliki tugas besar dalam pembangunan perekonomian Indonesia harus didukung dengan perangkat organisasi dan modal yang kokoh.

Pembahasan kali ini yaitu wacana permodalan koperasi, dari mana modal koperasi berasal, dan sumber-sumber modal koperasi.

2 Modal Utama Koperasi

Berdasarkan UU No. 25 Tahun 1992 wacana Perkoperasian, modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman.

1 ) Modal Sendiri Koperasi

Dalam koperasi, modal sanggup diperoleh dari modal berdikari atau modal sendiri, modal sendiri tersebut berasal dari:

a) Simpanan pokok, yaitu sejumlah uang yang sama banyaknya dan wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada ketika masuk menjadi anggota. Simpanan pokok tidak sanggup diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota.

b) Simpanan wajib, yaitu sejumlah simpanan tertentu yang tidak harus sama dan wajib dibayar oleh anggota kepada koperasi pada waktu dan kesempatan tertentu. Simpanan wajib tidak sanggup diambil selama yang bersangkutan masih menjadi anggota.
yang memiliki tugas besar dalam pembangunan perekonomian Indonesia harus didukung dengan  Sumber Modal Koperasi
Koperasi

c) Dana cadangan, yaitu sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan sisa hasil usaha. Dana cadangan dipakai untuk memupuk modal sendiri dan untuk menutup kerugian koperasi.

d) Hibah, yaitu sumbangan pihak tertentu yang diserahkan kepada koperasi dalam upayanya turut serta berbagi koperasi. Hibah tidak sanggup dibagikan kepada anggota selama koperasi belum dibubarkan.

2 ) Modal sumbangan koperasi

Modal sumbangan sanggup berasal dari simpanan sukarela, sumbangan dari koperasi lainnya, sumbangan dari bank dan forum keuangan lainnya, dan sumber sumbangan lainnya yang sah.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Sumber Modal Koperasi"