Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia

Pembahasan kali ini ialah perihal sejarah kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, bahan ini terkait dengan bahan perihal faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra oleh bangsa barat.

Perang Salib menyebabkan ditutupnya pelabuhan Konstantinopel. Hal itu mendorong bangsa Eropa mengarungi lautan yang luas untuk mencari tempat penghasil rempah-rempah.

Dapatkah kalian membayangkan pelayaran bangsa Barat waktu itu? Janganlah dibayangkan jikalau pelayaran waktu itu memakai kapal yang bermesin dengan kecepatan tinggi.

Waktu itu pelayaran memakai bahtera layar dengan kecepatan yang lambat. Kedatangan bangsa Eropa di Kepulauan Indonesia merupakan awal malapetaka bagi kehidupan bangsa Indonesia.

Bangsa Eropa merampas kekayaan alam Indonesia dengan eksploitasi sebesar-besarnya dan menerapkan monopoli perdagangan.

Di samping itu mereka juga mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang menciptakan rakyat menderita. Akibat penderitaan rakyat yang menghebat itu, maka muncullah perlawanan terhadap kolonialisme.

Pembahasan kali ini ialah perihal sejarah kedatangan bangsa Barat ke Indonesia Sejarah Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia
Gambar: Kapal Layar bangsa Barat

Penjelajahan Samudra dan Kedatangan Bangsa Barat di Indonesia

Para pedagang dari Eropa membawa barang dagangan berupa rempah-rempah dan sutera dari Laut Tengah. Komoditas tersebut dibawa ke Venesia atau Genoa melalui para pedagang Portugis dan Spanyol yang aktif berdagang di Laut Tengah.

Rempah-rempah dan sutera itu kemudian dibawa ke pasaran Eropa Barat, menyerupai Lisabon. Dari Lisabon rempah-rempah dibawa ke Eropa Utara oleh para pedagang Inggris dan Belanda.

Ramainya perdagangan di Laut Tengah, terganggu selama dan sehabis berlangsungnya Perang Salib (1096 - 1291). Dengan jatuhnya kota Konstantinopel (Byzantium) pada tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, acara perdagangan antara orang Eropa dan Asia terputus.

Sultan Mahmud II, penguasa Turki menjalankan politik yang mempersulit pedagang Eropa beroperasi di tempat kekuasannya.

Bangsa Barat menghadapi hambatan krisis perdagangan rempah-rempah. Oleh alasannya ialah itu bangsa Barat berusaha keras mencari sumbernya dengan melaksanakan penjelajahan samudra.

Ada beberapa faktor yang mendorong penjelajahan samudra. Perdagangan dunia baik melalui jalur sutera maupun jalur rempahrempah dari dunia Timur (termasuk dari Indonesia), akan bermuara di Laut Tengah.

Laut Tengah ialah sebuah inland sea (laut pedalaman) yang secara geografis terletak strategis; sebelah Barat dan Utara membentang wilayah Eropa, di sebelah Timur terhampar daratan Asia dan di bab Selatan ialah pesisir Afrika Utara.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Sejarah Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia"