Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi

Pembahasan ini berbeda dengan pembahasan sebelumnya perihal persiapan-persiapan menjelang kemerdekaan Indonesia hingga dibentuknya BPUPKI dan PPKI. Pembahasan kali ini lebih kepada detik-detik menjelang Proklamsi Kemerdekaan Indonesia.

Pada pembahasan ini akan dibahas perihal Peristiwa rengasdengklok, insiden sebelum proklamasi, makna insiden rengasdengklok, para tokoh golongan muda dan tokoh golongan tua, insiden rengasdengklok secara lengkap, insiden rengasdengklok secara singkat dan mengapa terjadi insiden rengasdengklok?

Kemerdekaan yang kita miliki kini diraih melalui suatu usaha panjang dan berat, dengan titik puncaknya dikumandangkan Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945.

Apakah tanggal 17 Agustus 1945 merupakan final dari usaha meraih kemerdekaan? Bagaimana kronologi usaha bangsa kita meraih kemerdekaan?Untuk jelasnya ikutilah pembahasan berikut!
Pembahasan ini berbeda dengan pembahasan sebelumnya perihal  Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi
Gambar: Foto insiden rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok

Kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik semakin terperinci dengan dijatuhkannya bom atom oleh Sekutu di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945.

Akibat insiden tersebut, kekuatan Jepang makin lemah. Kepastian info kekalahan Jepang terjawab dikala tanggal 15 Agustus 1945 dini hari, Sekutu mengumumkan bahwa Jepang sudah mengalah tanpa syarat dan perang telah berakhir.

Berita tersebut diterima melalui siaran radio di Jakarta oleh para cowok yang termasuk orang-orang Menteng Raya 31 menyerupai Chaerul Saleh, Abubakar Lubis, Wikana, dan lainnya.

Penyerahan Jepang kepada Sekutu menghadapkan para pemimpin Indonesia pada problem yang cukup berat. Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan (vacuum of power).

Jepang masih tetap berkuasa atas Indonesia meskipun telah menyerah, sementara pasukan Sekutu yang akan menggantikan mereka belum datang.

Gunseikan telah menerima perintah-perintah khusus supaya mempertahankan status quo hingga kedatangan pasukan Sekutu.

Adanya kekosongan kekuasaan menyebabkan munculnya konflik antara golongan muda dan golongan bau tanah mengenai problem kemerdekaan Indonesia.

Tokoh golongan Muda

Golongan muda menginginkan supaya proklamasi kemerdekaan segera dikumandangkan.  Mereka itu antara lain Sukarni, B.M Diah, Yusuf Kunto, Wikana, Sayuti Melik, Adam Malik, dan Chaerul Saleh.

Tokoh golongan tua

Sedangkan golongan bau tanah menginginkan proklamasi kemerdekaan harus dirapatkan dulu dengan anggota PPKI. Mereka yaitu Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Mr. Ahmad Subardjo, Mr. Moh. Yamin, Dr. Buntaran, Dr. Syamsi dan Mr. Iwa Kusumasumantri.

Bagaimana kelanjutannya? Silahkan simak: Peristiwa rengasdengklok secara lengkap.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi"