Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Dan Fungsi Pajak Dalam Perekonomian Nasional Indonesia

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan wacana pengertian pajak, ciri-ciri pajak dan macam-macam jenis pajak secara lengkap.

Pembahasan kali ini akan menjelaskan wacana fungsi pajak dalam perekonomian nasional, tugas pajak, peranan pajak dalam pembangunan dan fungsi-fungsi pajak.

Peran dan Fungsi Pajak

Pajak yang dipungut dari wajib pajak memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai sumber pendapatan negara, pengatur aktivitas ekonomi, pemerataan pembangunan dan pendapatan masyarakat, dan sebagai sarana stabilitas ekonomi.

1. Sumber Pendapatan Negara

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, bahwa pajak merupakan sumber utama pendapatan negara. Pajak yang dipungut dipakai pemerintah untuk membiayai pengeluaran negara ibarat pengeluaran rutin dan pengeluaran pembangunan.

Pengeluaran rutin yakni pengeluaran negara untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersifat rutin, ibarat menggaji pegawai negeri sipil, membeli peralatan aktivitas pemerintahan, membayar bunga pinjaman, dan sebagainya.

Adapun pengeluaran pembangunan ibarat pembangunan jembatan, jalan raya, gedung sekolah, dan sebagainya.
Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan wacana  Peran dan Fungsi Pajak dalam Perekonomian Nasional Indonesia
Pajak

2. Pengatur Kegiatan Ekonomi

Pajak sanggup berfungsi untuk mengatur perekonomian. Sebagai pola untuk meningkatkan investasi, pemerintah sanggup menurunkan pajak guna merangsang pengusahapengusaha untuk menanamkan modalnya.

Contoh lainnya untuk membatasi pola hidup konsumtif pemerintah mengenakan pajak atas barang-barang mewah, dan sebagainya.

3. Pemerataan Pembangunan dan Pendapatan Masyarakat

Pendapatan masyarakat berbeda antara tempat satu dengan tempat yang lainnya, sehingga menimbulkan perbedaan pada pemerataan pembangunan ekonomi.

Tarif pajak yang dikenakan pada masyarakat yang berpenghasilan tinggi lebih tinggi daripada masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Penerimaan pajak dari masyarakat yang berpenghasilan tinggi dipakai untuk membangun sarana dan prasarana ekonomi di tempat kurang maju, ibarat pembangunan pasar, rumah sakit, sekolah, dan sebagainya.

Oleh alasannya yakni itu pajak akan sanggup memeratakan pembangunan dan sanggup meningkatkan pendapatan masyarakat di tempat tertinggal.

4. Sarana Stabilitas Ekonomi

Pajak sanggup berfungsi sebagai stabilitas ekonomi. Misalnya untuk meningkatkan kesempatan kerja, pemerintah menurunkan tarif pajak.

Tarif pajak yang rendah memungkinkan masyarakat mengeluarkan uangnya lebih banyak untuk membeli barang.

Banyaknya undangan akan barang mengakibatkan perusahaan harus lebih banyak memproduksi barang, hasilnya perusahaan akan menuntut pelengkap tenaga kerja. Oleh alasannya yakni itu, pajak sanggup meningkatkan kesempatan kerja bagi masyarakat.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Peran Dan Fungsi Pajak Dalam Perekonomian Nasional Indonesia"