Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Terjadinya Perang Dunia 2

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara detail perihal penyebab perang dunia 2, lantaran khusu perang dunia 2, kronologi prang dunia 2, lantaran umum perang dunia 2, lantaran khusu terjadinya perang dunia 2, dan sebab-sebab perang dunia 2 lainnya.

Sebab Umum Meletusnya Perang Dunia II

Sejarah menyerupai terulang kembali. Peristiwa yang dahulu menimbulkan Perang Dunia I seakan kembali muncul menyongsong Perang Dunia II.

Bahkan keadaan politik internasional tahun 1938–1939 menyerupai dengan tahun 1900–1914 sebelum Perang Dunia I.

Apa yang menimbulkan berkecamuknya Perang Dunia II? Secara umum perang itu disebabkan oleh beberapa kondisi.

1) Di bidang politik: Liga Bangsa-Bangsa gagal mewujudkan tujuan, adalah terciptanya perdamaian dunia.

Kondisi ini memancing ketegangan-ketegangan gres yang menggiring negara-negara untuk menciptakan aliansi sampai tercipta tiga blok, adalah Blok Prancis (demokrasi), Blok Jerman (fasis), dan Blok Rusia (komunis).

2) Di bidang ekonomi: perlombaan persenjataan itu merangsang kebutuhan-kebutuhan ekonomi yang memenuhi kebutuhan materi bakunya.

Lahirlah imperialisme Jerman menginginkan Eropa Tengah, Italia ke Laut Tengah dan Etiopia, serta Jepang mengumumkan ”Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya”. Ini akan bersinggungan dengan imperialisme Inggris, Prancis, dan USA.

3) Di bidang ideologi anutan dan demokrasi: fasisme dengan pemujaan negara nasional dan komunisme dengan paham internasional, mustahil dapat berjalan bersama, satu sama lain niscaya saling menghancurkan.

Sementara itu, nasionalisme yang sempit dengan didukung kekuatan militer memunculkan perilaku mendewa-dewakan bangsanya.

Hitler dengan kebesaran Aria, Mussolini dengan kejayaan Julius Caesar zaman Romawi Kuno, dan Jepang yang menganggap sebagai keturunan Amaterasu Omikami.
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara detail perihal penyebab perang dunia  Penyebab Terjadinya Perang Dunia 2
Penyebab Perang Dunia 2

Sebab Khusus Meletusnya Perang Dunia II

Sebab khusus meletusnya Perang Dunia II sebagai berikut. Menurut Perundingan Versailles, Rusia Timur (wilayah Jerman) dilepaskan dari Jerman dengan menciptakan koridor Polandia (jalan keluar ke laut) di tengah-tengahnya.

Di tengah koridor ini terletak Kota Danzig yang dijadikan kota merdeka oleh LBB. Kota yang penduduknya bangsa Jerman ini dituntut oleh Hitler, tetapi ditolak oleh Polandia.

Bahkan, Polandia menggelar negosiasi dengan Inggris, Prancis, Rumania, dan Yunani untuk menjamin kemerdekaan masing-masing.

Peristiwa itu disambut Jerman dengan menciptakan perjanjian bersama Rusia tanggal 23 Agustus 1939 yang berisi, Rusia tidak akan menyerang Jerman dan Jerman tidak akan menyerang Rusia.

Akhirnya, pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerbu Polandia dan meletuslah Perang Dunia II. Itulah casus belli Perang Dunia II. Dua hari lalu Inggris dan Prancis mengumumkan perang melawan Jerman.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Penyebab Terjadinya Perang Dunia 2"