Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Badan Kerjasama Ekonomi Multilateral Internasional

Kerjasama indonesia dengan negara lain Sangat berangam bentuknya, baik yang bilateral, regional, multilateral maupun internasional, sekaligus meliputi di segala bidang; baik ekonomi, sosial dan budaya.

Badan Kerja Sama Ekonomi Multilateral

Kerja sama ekonomi multilateral ialah kolaborasi yang melibatkanmbanyak negara di dunia. Artinya, setiap negara bebas yang ingin bergabung, bebas menjadi anggota tubuh ini.

1) The World Bank atau Bank Dunia

World Bank atau Bank Dunia sampai dikala ini merupakan forum keuangan internasional terbesar yang membantu negaranegara berkembang.

Pada awalnya Bank Dunia bertujuan membantu usaha-usaha rekonstruksi dan pembangunan di negaranegara anggota melalui investasi yang produktif, termasuk restorasi perekonomian yang hancur akhir perang.

Pada perkembangan selanjutnya, acara Bank Dunia menjadi semakin luas. Bank Dunia memiliki beberapa forum keuangan internasional. Yang pertama ialah IBRD.

Lembaga ini abreviasi dari International Bank for Reconstruction and Development atau Bank Dunia untuk Pembangunan dan Perkembangan.
Kerjasama indonesia dengan negara lain Sangat berangam bentuknya Badan Kerjasama Ekonomi Multilateral Internasional
World Bank

2) ECOSOC

Economic and Social Council (ECOSOC) merupakan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB. ECOSOC ialah tubuh PBB yang khusus memperhatikan masalah ekonomi. Tugas ECOSOC ialah mengkoordinasi pekerjaan-pekerjaan ekonomi dan sosial PBB.

Dewan ini mempelopori penelitian, laporan-laporan, dan rekomendasi (anjuran) mengenai persoalan-persoalan ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, serta kebudayaan dunia.

3) WTO

WTO abreviasi dari World Trade Organization atau Organisasi Perdagangan Dunia. Organisasi ini didirikan di Geneva, Swiss pada tanggal 1 Januari 1995 dari perundingan Putaran Uruguay (1986–1994).

Tugas WTO antara lain menuntaskan sengketa dagang antaranggota. Oleh alasannya ialah itu, WTO menyusun peraturan dalam Understanding on Rules and Procedures Governing the Settlement of Disputes (DSU).

DSU ini merupakan lanjutan dari sistem yang dibuat dalam General Agreement on Tariffs and Trade (GATT). Bedanya DSU sudah dilengkapi semacam pengadilan banding jikalau satu negara anggota tidak baiklah dengan hukuman yang ditimpakan oleh keputusan WTO.

4) IMF

IMF abreviasi dari International Monetary Fund atau Dana Moneter Internasional. IMF didirikan pada tanggal 27 September 1945 setelah konferensi di Bretton Wood, Amerika Serikat.

IMF bertujuan memajukan kolaborasi internasional di bidang ekonomi, keuangan, dan perdagangan sehingga bisa memperluas kesempatan kerja serta mencapai kemakmuran.

5) ADB

ADB abreviasi dari Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia, berdiri pada tahun 1966. ADB merupakan sebuah organisasi multilateral keuangan pembangunan.

Pada tahun 1966 ketika ADB berdiri, organisasi ini memiliki 31 anggota. Setelah beberapa tahun kemudian menjadi 59 anggota yang terdiri atas negara-negara di Asia Pasifik maupun di luar negara Asia Pasifik.

Kegiatan ADB meliputi sebagai berikut.

a) Memberikan pinjaman dan investasi yang masuk akal bagi anggota negara-negara yang sedang berkembang untuk pembangunan sosial serta ekonomi.

b) Menyediakan sumbangan teknik untuk perencanaan dan pelaksanaan proyek pembangunan.

c) Memajukan dan memfasilitasi investasi publik serta modal langsung untuk pembangunan.

d) Melayani undangan sumbangan koordinasi dalam pembangunan politik dan perencanaan di negara berkembang.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Badan Kerjasama Ekonomi Multilateral Internasional"