Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pencemaran Lingkungan Dan Macam-Macamnya

Selain kerusakan pada hutan, lingkungan yang terkotori cuga akan menawarkan pengaruh yang besar pada kelestarian ekosistem.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui secara lengkap perihal pengertian pencemaran lingkungan, pengaruh pencemaran lingkungan, pola pencemaran lingkungan dan macam-macam pencemaran lingkungan.

Lingkungan yang baik ialah lingkungan yang berada dalam keseimbangan. Lingkungan ibarat ini bisa mengatur dan memulihkan dirinya apabila terjadi gangguan, sehingga selalu dalam keadaan seimbang.

Lingkungan tidak selalu dalam keadaan stabil. Apabila, suatu lingkungan mendapat gangguan yang memengaruhi kehidupan makhluk hidup di dalamnya maka lingkungan tersebut telah tercemar.

Dampak pencemaran lingkungan

Akibat suatu pencemaran sanggup pribadi diketahui, contohnya keracunan, kematian, atau kerusakan fisik lingkungan.

Ada juga pengaruh yang gres dirasakan sehabis beberapa waktu lamanya, antara lain mutasi (perubahan genetik) yang menjadikan kelainan fisik atau cacat, kepunahan suatu spesies, dan menurunnya daya dukung lingkungan (air, tanah, dan udara).
 lingkungan yang terkotori cuga akan menawarkan pengaruh yang besar pada  Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Macam-macamnya
Gambar: Dampak pencemaran lingkungan

Pengertian pencemaan lingkungan

Pencemaran (polusi) ialah masuknya banyak sekali macam zat (organik dan anorganik) ke lingkungan yang menjadikan banyak sekali gangguan.

Bahan pencemarnya, berupa zat organik (makhluk hidup/jasad renik) dan zat anorganik yang disebut polutan.

Berdasarkan jenisnya, materi pencemar dibedakan menjadi materi pencemar biologis, kimiawi, dan fisik. Bahan pencemar biologis meliputi banyak sekali mikroorganisme penyebab penyakit, flora pengganggu, dan bakteri.

Bahan pencemar kimiawi meliputi banyak sekali zat kimia organik dan anorganik, contohnya minyak, pestisida, dan pupuk anorganik. Bahan pencemar fisik meliputi debu, partikel, benda-benda padat (kaleng dan plastik), dan gas.

Macam-macam pencemaran lingkungan

Pencemaran dibedakan menjadi tiga, yaitu pencemaran air, udara, dan tanah.

1. Pencemaran Air

Lingkungan perairan sanggup terkotori oleh banyak sekali acara manusia. Bahan pencemar lingkungan perairan, antara lain limbah cair dan padat hasil kegiatan industri, pupuk, dan pestisida dari kegiatan pertanian, tumpahan minyak di laut, limbah insan (sampah), dan detergen dari kegiatan rumah tangga.

Semua materi pencemar itu akan memengaruhi makhluk hidup di air dan kadangkadang meracuni insan atau menginfeksi insan dengan banyak sekali penyakit. Apasaja penyebab pencemaran pada air? Bagaiamana cara penanggulangan pencemaran pada air?

2. Pencemaran Udara

Beberapa industri dan mesin motor mengeluarkan bahanbahan berbahaya ke udara. Industri mengeluarkan sisa pembuangan beberapa asap dan welirang dioksida.

Mesin motor mengeluarkan karbon monoksida dan oksida nitrogen yang mengakibatkan terbentuknya asap kabut atau asbut (smog). Apasaja penyebab pencemaran pada udara? Bagaimana cara penanggulangan pencemaran pada udara?

3. Pencemaran Tanah

Selain pencemaran air dan udara, pencemaran juga sanggup terjadi pada tanah. Bahan-bahan apa saja yang sanggup mencemari tanah? Apakah jadinya kalau tanah sudah tercemar?


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Pencemaran Lingkungan Dan Macam-Macamnya"