Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Organ Reproduksi Pria, Fungsi Dan Bagian-Bagiannya

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal alat reproduksi pada pria, organ reproduksi pada pria, sistem reproduksi pada pria, gambar alat reproduksi pada pria, fungsi alat reproduksi pada pria.
Organ-organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki terdiri atas:

a. Testis (buah zakar)

Jumlah 1 pasang, terdapat dalam kantong pelindung yang disebut skrotum dan terletak di luar dan di bawah rongga pelvis. Testis berfungsi menghasilkan hormon testosteron dan sel kelamin jantan (spermatozoa).

Hormon testosteron berfungsi untuk menjadikan gejala kelamin sekunder pada pria, di antaranya: tumbuhnya kumis, bunyi membesar, dada tumbuh bidang dan lain-lain.

b. Saluran reproduksi

Saluran reproduksi pada laki-laki terdiri atas:

1) Epididimis, merupakan kawasan pendewasaan (pematangan) dan penyimpanan sperma. Epididimis berupa jalan masuk yang berkelok-kelok yang terdapat di dalam skrotum.

2) Vas deferens (saluran sperma), merupakan kelanjutan dari jalan masuk epididimis, berfungsi menyalurkan sperma ke uretra.

3) Uretra, kelanjutan dari vas deferens, berfungsi untuk menyalurkan sperma keluar dan merupakan jalan masuk urine dari kandung kemih menuju ke luar.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal alat reproduksi pada laki-laki Organ Reproduksi Pria, Fungsi dan Bagian-bagiannya
Gambar alat reproduksi pria

c. Penis

Merupakan alat kelamin luar, berfungsi untuk alat kopulasi, yakni untuk memasukkan sperma ke dalam jalan masuk reproduksi pada wanita.

d. Kelenjar yang terdapat pada pria

1) Vesika seminalis

Kelenjar ini menghasilkan cairan yang pekat berwarna kuning, mengandung makanan yang merupakan sumber energi untuk pergeraka sperma.

2) Kelenjar prostat

Merupakan kelenjar penghasil semen terbesar, bersifat encer dan berwarna putih, berisi makanan untuk sperma.

3) Kelenjar bulbourethralis

Kelenjar ini terdapat di sepanjang uretra, berfungsi mensekresi cairan lendir bening yang menetralkan cairan urine yang bersifat asam yang tertinggal pada uretra.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Organ Reproduksi Pria, Fungsi Dan Bagian-Bagiannya"