Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Kebutuhan Insan Menurut Waktu Pemenuhannya Dan Wujudnya

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan bermacam-macam itu sanggup dibedakan menjadi beberapa bentuk kebutuhan, yaitu kebutuhan menurut intensitasnya, bentuk dan sifatnya, subjek yang membutuhkannya, waktu pemenuhannya, dan wujudnya.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan wacana jenis-jenis kebutuhan insan menurut pemenuhannya dan wujudnya, perbedaan kebutuhan kini dan kebutuhan akan tiba dilengkapi dengan misalnya masing-masing.

Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhannya

Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan sanggup dibedakan menjadi kebutuhan kini dan kebutuhan masa depan.

1 ) Kebutuhan sekarang

Kebutuhan sekarang ialah kebutuhan yang bersifat mendesak dan tidak sanggup ditunda. Apabila pemenuhan kebutuhan ini ditunda, maka kemungkinan akan menimbulkan kerugian atau musibah.

Contoh kebutuhan sekarang, antara lain kebutuhan obat-obatan bagi orang sakit, kebutuhan jasa pemadam kebakaran pada waktu terjadi kebakaran, dan sebagainya.

2 ) Kebutuhan masa depan

Kebutuhan masa depan ialah kebutuhan yang pemenuhannya masih sanggup ditangguhkan pada waktu yang akan tiba atau sanggup dipersiapkan dari sekarang, tanpa mengganggu kebutuhan sekarang.

Contoh kebutuhan masa depan, antara lain menabung untuk biaya melanjutkan pendidikan atau menabung untuk membeli rumah.
 itu sanggup dibedakan menjadi beberapa bentuk kebutuhan Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu Pemenuhannya dan Wujudnya
Gambar: Contoh kebutuhan masa depan

Kebutuhan Berdasarkan Wujud

Berdasarkan wujudnya, kebutuhan sanggup dibedakan menjadi kebutuhan material dan kebutuhan spiritual.

1 ) Kebutuhan material

Kebutuhan material ialah kebutuhan berupa alat-alat yang sanggup diraba, dilihat, dan memiliki bentuk. Kebutuhan material berwujud faktual dan sanggup dinikmati langsung.

Contoh: makan nasi sanggup kita rasakan kenikmatannya, minum air sanggup menghilangkan dahaga dan rumah sangat nyaman untuk berlindung.

2 ) Kebutuhan spiritual

Kebutuhan spiritual ialah kebutuhan yang dihubungkan dengan benda-benda tak berwujud. Kebutuhan ini tidak sanggup diraba, dilihat, dan berbentuk tetapi sanggup dirasakan dalam hati.

Contoh: orang Islam bersembahyang di masjid, orang Katolik sembahyang di gereja, orang Buddha sembahyang di wihara, dan orang Hindu bersembahyang di pura.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Jenis-Jenis Kebutuhan Insan Menurut Waktu Pemenuhannya Dan Wujudnya"