Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Alat pemuas kebutuhan sanggup dikelompokkan menurut kelangkaan, tujuan penggunaan, relasi dengan benda lain, segi jaminannya, dan proses pembuatan.

Berbeda dengan pembahasan sebelumnya wacana macam-macam dan jenis-jenis kebutuhan serta faktor yang menghipnotis perbedaan kebutuhan manusia, Pada pembahasan ini akan dijelaskan wacana alat pemuas kebutuhan, jenis-jenis alat pemuas kebutuhan insan secara lengkap dan detail.

a. Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaan

Berdasarkan kelangkaannya alat pemuas kebutuhan dibedakan menjadi benda ekonomi, benda bebas, dan benda illith.

1 ) Benda ekonomi

Benda ekonomi ialah benda yang dibutuhkan jumlahnya terbatas sehingga untuk mendapatkannya diharapkan pengorbanan. Biasanya pengorbanannya berupa uang. Contohnya makanan, minuman, televisi, pakaian, dan sebagainya.

2 ) Benda bebas

Benda bebas adalah alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya melimpah dan untuk mendapatkannya tidak perlu pengorbanan.

Contoh benda bebas antara lain air di sungai atau di laut, udara di sekitar kita, es di kawasan kutub, pasir di padang pasir, dan sinar matahari. Semuanya itu sanggup diperoleh secara gratis.

3 ) Benda illith

Benda illith adalah benda yang jumlahnya berlebihan sehingga sanggup membahayakan dan
mendatangkan bencana. Oleh alasannya ialah itu, perlu dikurangi penggunaannya.

Contohnya air, jikalau dalam jumlah yang sedikit sanggup berkhasiat bagi kehidupan manusia, namun bila jumlahnya berlebihan sanggup mengakibatkan banjir.

Contoh lainnya api, jikalau api yang digunakan kecil sanggup digunakan untuk memasak atau penerangan, tetapi saat api itu besar sanggup mendatangkan tragedi kebakaran.
Alat pemuas kebutuhan sanggup dikelompokkan menurut kelangkaan Jenis-jenis Alat Pemuas Kebutuhan Manusia
Gambar: Contoh kebutuhan illith

b . Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Berdasarkan tujuan penggunaan, alat pemuas kebutuhan dibedakan menjadi benda produksi dan benda konsumsi.

1 ) Benda produksi

Benda yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan benda kebutuhan insan dinamakan benda produksi. Benda produksi juga disebut benda modal.

Contoh benda produksi antara lain: mesin tetas sanggup digunakan peternak untuk menetaskan telur ayam atau itik. Mesin Rice Mill/ penggiling padi, yang digunakan untuk menggiling padi menjadi beras dan bekatul.

2 ) Benda konsumsi

Benda konsumsi ialah barang-barang yang pribadi sanggup digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Benda konsumsi juga disebut benda siap pakai. 

Contoh benda konsumsi antara lain: nasi, buku pelajaran, televisi, radio, komputer.

c . Benda Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Hubungannya dengan Benda Lain

Berdasarkan relasi dengan benda lain, alat pemenuhan kebutuhan dibedakan menjadi benda substitusi dan komplementer.

1 ) Benda substitusi (benda pengganti)

Suatu benda yang sanggup digunakan sebagai pengganti barang lain dan memiliki tingkat kepuasan yang sama dinamakan benda substitusi.

Jika tidak ada benda yang kalian inginkan sanggup diganti dengan benda lain. Apabila harga beras naik, masyarakat ada yang tidak sanggup membelinya, maka sanggup diganti benda lain yang memiliki tingkat kepuasan yang sama ibarat jagung, ubiubian, sagu, dan kentang. Hubungan antara beras, jagung, ubi-ubian, sagu, dan kentang dinamakan substitusi.

2 ) Benda komplementer (benda pelengkap)

Benda komplementer ialah benda yang penggunaannya saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Suatu benda akan lebih bermanfaat jikalau digunakan dengan benda lain.

Coba kita perhatikan saat kalian ingin minum kopi. Jika kita menciptakan minuman dari kopi saja, apakah terasa enak?

Kopi akan terasa lezat dan nikmat jikalau dicampur dengan gula. Dengan demikian, kopi dan gula akan lebih bermanfaat jikalau digunakan bersamaan.

d . Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Segi Jaminannya

Berdasarkan segi jaminan pinjaman, alat pemenuhan kebutuhan dibedakan menjadi benda bergerak dan tidak bergerak.

1 ) Benda bergerak

Benda yang sanggup dipindah-pindahkan tempatnya dan sanggup digunakan sebagai jaminan untuk mendapat kredit jangka pendek (jangka waktu kurang dari 1 tahun) disebut benda bergerak.

Contoh benda bergerak antara lain: mobil, perhiasan, dan barang-barang elektronik.

2 ) Benda tidak bergerak

Benda yang tidak sanggup dipindah-pindahkan tempatnya dan sanggup digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit jangka panjang dinamakan benda tidak bergerak.

Contoh barang tidak bergerak antara lain tanah dan gedung.

e. Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Proses Pembuatannya

Berdasarkan proses pembuatannya alat pemuas kebutuhan sanggup dibedakan menjadi barang mentah, setengah jadi, dan barang jadi.

1 ) Barang mentah

Barang yang digunakan sebagai materi baku atau materi dasar untuk diproses menjadi barang setengah jadi atau barang jadi dinamakan barang mentah.

Contoh materi mentah ibarat kapas, getah karet, kulit domba, kayu, dan beras. Bahan-bahan tersebut masih memerlukan pengolahan lebih lanjut bila kita membutuhkannya.

2 ) Barang setengah jadi

Barang setengah jadi ialah barang yang masih memerlukan proses produksi untuk dijadikan materi siap pakai atau materi jadi.

Contoh barang setengah jadi, antara lain benang untuk menciptakan kain, kain untuk membentuk pakaian, kulit untuk menciptakan tas, dan sebagainya.

3 ) Barang jadi

Barang yang siap untuk digunakan dan merupakan hasil simpulan dari produksi dinamakan barang jadi. Barang jadi siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh barang jadi, antara lain pakaian, sepatu, kendaraan, dan peralatan elektronik.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Jenis-Jenis Alat Pemuas Kebutuhan Manusia"