Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hambatan-Hambatan Kerjasama Ekonomi Antar Negara

Kerja sama ekonomi internasional kadang terbentur pada hambatan-hambatan sebagai berikut.

a. Ancaman Ketidakstabilan Politik dan Keamanan

Ancaman ketidakstabilan politik dan keamanan antara lain adanya peperangan atau konflik antarnegara. Hal ini sanggup mengganggu kekerabatan antara kedua negara yang semula mempunyai kekerabatan baik.

Misalnya negara A terlibat konflik dengan negara B. Kebetulan negara A mempunyai kekuatan ekonomi dan militer yang kuat. Negara A memberlakukan hukuman ekonomi pada negara B.

Negara A melarang negara-negara lain untuk melaksanakan perdagangan dengan negara B. Akibatnya, negara B tidak sanggup bekerja sama dengan negara lain.
 Ancaman Ketidakstabilan Politik dan Keamanan Hambatan-Hambatan Kerjasama Ekonomi Antar Negara
Kerjasama Ekonomi

b. Perbedaan Ideologi Negara

Perbedaan ideologi negara sanggup menghambat kolaborasi ekonomi, contohnya sebelum menganut perekonomian terbuka, Cina ialah negara yang menutup diri terhadap kolaborasi dengan bangsa lain.

Dengan demikian, negara-negara lain tidak sanggup menjalin kolaborasi dengan Cina. Namun, dikala ini hampir tidak ada negara yang menutup diri terhadap kolaborasi dengan negara lain.

c. Praktik-Praktik Perdagangan yang Cenderung Merugikan Negara Lain

Praktik perdagangan yang cenderung merugikan negara lain contohnya dumping, yaitu menjual barang untuk ekspor dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga di dalam negeri. Praktik ini sanggup memperburuk kekerabatan antarnegara dan menghambat kolaborasi ekonomi.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Hambatan-Hambatan Kerjasama Ekonomi Antar Negara"