Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Informasi Singkat

Berikut ini ialah pola teks info terkini yang disajikan secara singkat, dengan memperhatikan kaidah 5W + 1H yang sanggup disampaikan melalui TV atau Radio.

Jam Tangan Pengukur Tensi

Penemuan gres berteknologi tinggi telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan alat kedokteran di Singapura. Perusahaan tersebut berhasil membuat jam tangan yang sanggup mendeteksi tekanan darah tanpa menimbulkan nyeri maupun rasa tak nyaman.

Menurut Health STATS International, sebuah sensor kecil diletakkan di sisi bawah jam tangan tersebut. Apabila arloji dilingkarkan di pergelangan tangan, sensor tersebut letaknya sempurna di atas arteri (pembuluh darah nadi). Lalu, sensor tersebut akan mencatat pulsasi arteri dan mengubahnya dalam bentuk data yang sanggup dibaca.

Berbagai data sanggup tercatat dari sensor itu. “Mulai ukuran tekanan darah dan polanya, rata-rata tekanan arteri, pola pulsasi dan detak jantung,” ungkap dr. Ting Choon Meng, penemu jam tangan berteknologi canggih itu. Informasi yang dikumpulkan tersebut sanggup dipakai sebagai indikasi adanya suatu penyakit. Seperti, kemungkinan stroke atau perlunya memeriksakan kondisi jantung lebih lanjut.
Berikut ini ialah pola teks info terkini yang disajikan secara singkat Contoh Teks Berita Singkat
Contoh Teks Berita Singkat
Selama ini, mengukur tekanan darah kadang kala menjadi kondisi yang tidak menyenangkan bagi pasien. Pasalnya, dikala dipompa udara, cuff yang dilingkarkan pada lengan menekan besar lengan berkuasa dan menimbulkan rasa nyeri. Bahkan, pada pasien yang harus menjalani operasi, pengukuran darah sanggup dilakukan dengan memasukkan kateter (semacam selang) ke dalam pembuluh darah lengan. Selain menyakitkan, mekanisme tersebut berisiko menimbukan infeksi.


Nah, dengan adanya sensor pada jam tangan tersebut, maka kemungkian rasa sakit dan abuh itu sanggup diminimalkan. “Selain itu, arloji tersebut sanggup memudahkan dokter memprediksi risiko penyakit para pasiennya. Arloji tersebut juga sanggup memonitor tekanan darah dalam 24 jam,” ujarnya pada surat kabar Straits Times. Hal itu tentunya lebih akurat dibandingkan investigasi rutin pasien setiap ahad atau bulan.

“Sebenarnya tujuan saya membuat jam tersebut ingin mengetahui apa saja yang terjadi sesudah pasien meninggalkan daerah praktik,” cetusnya. Sehingga, lanjut ia, si peneliti sanggup mendeteksi sekaligus mencegah timbulnya stroke ataupun serangan jantung pada pasien.


(Sumber: Jawa Pos, 24 Januari 2005, 
dengan pengubahan)
Baca: Cara Menemukan Pokok-pokok Berita

          Cara dan Langkah-langkah Menulis Berita

          Cara Menyimpulkan Isi Berita
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Teks Informasi Singkat"