Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Dan Cara Menulis (Resensi) Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Pembahasan kali ini ialah ihwal pola rangkuman isi buku pengetahuan terkenal kelas 8 dan cara menulis rangkuman isi buku pengetahuan populer, cara merangkum buku ilmu pengetahuan populer, pola resensi buku ilmu pengetahuan, pola buku ilmu pengetahuan terkenal dan cara meresensi buku ilmu pengetahuan populer.

Menulis rangkuman merupakan upaya menyarikan sebuah teks atau bacaan. Jadi, merangkum sebuah buku ialah mengambil inti sari sebuah isi buku dan menuliskannya kembali menjadi catatan ringkas.

Hal yang perlu kalian ingat bahwa sebuah rangkuman isinya meliputi keseluruhan teks atau buku yang dirangkum secara utuh dan lengkap, meski dalam penyajiannya lebih padat dan ringkas. Jadi, dalam merangkum jangan hingga ada hal penting dari bacaan atau buku yang tidak terambil atau terangkum.

Pengertian Buku Pengetahuan Populer

Adapun yang dimaksud dari buku pengetahuan populer ialah buku yang berisi isu mengenai pengetahuan yang sifatnya banyak diketahui oleh masyarakat secara umum.

Dalam hal ini, sesuatu yang bersifat terkenal merupakan sesuatu yang sudah biasa diketahui atau dekat di lingkungan masyarakat secara umum. Buku pengetahuan terkenal mempunyai aneka macam bidang pengetahuan, misal: peternakan, bisnis, kepribadian secara umum, dan pengetahuan lainnya.

Adapun buku pengetahuan yang membahas mengenai disiplin ilmu tertentu secara spesifik dan detail bukan termasuk buku pengetahuan populer, akan tetapi merupakan buku kajian disiplin ilmu. Contoh buku kajian disiplin ilmu ialah buku mengenai anatomi badan manusia.

Contoh Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Perhatikanlah teks ilustrasi berikut berkaitan dengan rangkuman buku pengetahuan populer!
Pembahasan kali ini ialah ihwal pola rangkuman isi buku pengetahuan terkenal kelas  Contoh dan Cara Menulis (Resensi) Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer
Buku Anggur dalam Pot
Judul Buku           : Anggur dalam Pot

Jumlah Halaman  : 50 halaman

Penerbit                : Penebar Swadaya

Cetakan                 : IV

Buku berjudul Anggur dalam Pot ini memuat uraian mengenai cara membudidayakan tumbuhan anggur di dalam pot atau kantong plastik. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa menanam anggur memerlukan lahan yang luas serta perawatan yang sangat rumit. 

Pada kenyataannya pandangan tersebut tidak tepat. Dalam buku berjudul Anggur dalam Pot ini dijelaskan bahwa bersama-sama pembudidayaan buah anggur tidaklah sesulit ibarat pandangan banyak orang.

Dalam buku ini dikemukakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembudidaya- an tumbuhan anggur dalam pot atau kantong plastik. Hal-hal tersebut di antaranya meliputi seluk-beluk tumbuhan anggur beserta jenis dan ciri-cirinya. 

Pada buku ini dikemukakan juga mengenai cara menentukan bibit anggur yang baik, cara menyiapkan media tanam, serta cara perawatan selama pertumbuhan. Pada cuilan simpulan dalam buku ini dikemukakan hal-hal yang berkaitan dengan perawatan pohon anggur remaja dari aneka macam penyakit.

Cara Menulis Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam merangkum sebuah buku pengetahuan terkenal ialah berikut.

1. Membaca buku hingga memahami secara utuh dan lengkap.

2. Menuliskan pokok-pokok inti sari bacaan atau buku.

3. Menuliskan pokok-pokok tersebut menjadi rangkaian kalimat yang gampang dipahami.

4. Mencek dan ricek hasil rangkuman dengan isi buku untuk mengetahui rangkuman sudah lengkap atau belum.

Contoh Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer

Contoh butir-butir pokok yang penting untuk dicatat dari buku pengetahuan di atas ialah berikut.

1. Pohon anggur selain merupakan tumbuhan buah yang mempunyai nilai jual tinggi juga merupakan tumbuhan hias.

2. Cara menentukan dan memperoleh bibit yang baik.

3. Memilih pot yang baik, menyiapkan media tanam, serta memindahkan bibit anggur dalam pot.

4. Perawatan bibit anggur dengan cara penyiraman, sumbangan daerah merambat, serta pemupukan.

5. Membentuk cabang dan ranting pendukung buah.

6. Merawat tumbuhan anggur semoga produktif sepanjang tahun dengan cara pemangkasan.

7. Mengatasi serangan hama dan penyakit tumbuhan anggur.

Rangkuman buku berjudul Anggur dalam Pot menurut butir-butir pokok yang terdapat dalam buku tersebut sanggup kalian tuliskan sebagai berikut.
Buku berjudul Anggur dalam Pot ini memuat uraian mengenai cara membudidayakan tumbuhan anggur di dalam pot atau kantong plastik. Dalam buku ini dikemukakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembudidayaan tumbuhan anggur dalam pot atau kantong plastik. Hal-hal tersebut meliputi pemilihan bibit anggur yang baik, cara menyiapkan media tanam, cara perawatan selama pertumbuhan, serta upaya mengatasi aneka macam hama dan penyakit tumbuhan anggur.
Demikian pembahasan lengkap ihwal pola rangkuman isi buku pengetahuan terkenal dan cara menulis rangkuman isi buku pengetahuan terkenal semoga bermanfaat.

Baca: Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Baca juga: Contoh Kutipan Novel
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Dan Cara Menulis (Resensi) Rangkuman Isi Buku Pengetahuan Populer"