Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Dan Cara Menulis Petunjuk Melaksanakan Sesuatu

Pada kesempatan ini kami akan membahas wacana pola petunjuk melaksanakan sesuatu, pola petunjuk menciptakan sesuatu, cara menulis petunjuk melaksanakan sesuatu, cara menciptakan petunjuk melaksanakan sesuatu, petunjuk melaksanakan sesuatu dan petunjuk menciptakan sesuatu.

Apakah kalian pernah menciptakan suatu mainan, kerajinan, atau melaksanakan acara yang agak rumit? Pernahkah kalian mencoba menuliskan proses tersebut?

Untuk menuliskannya, kalian harus memperlihatkan petunjuk pelaksanaan dengan urutan yang sempurna dari awal sampai final proses. Di samping itu, kalian sebaiknya memakai kalimat yang efektif dan lugas sehingga gampang dimengerti orang lain.

Petunjuk melaksanakan sesuatu seringkali terdapat pada produk-produk obat, masakan instan, dan produk-produk lainnya, biasanya tertulis dalam kemasan produk tersebut "Baca Aturan Pakai" atau "Baca Aturan Pakai, Jika Sakit Berlanjut Hubungi Dokter" untuk produk obat.
Pada kesempatan ini kami akan membahas wacana pola petunjuk melaksanakan sesuatu Contoh dan Cara Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu
Petuntuk

Contoh Petunjuk Melakukan Sesuatu

Perhatikan pola berikut!

Ayo, Ikutan Audisi!

Petunjuk I

Kamu tertarik untuk mengikuti audisi Duta Pariwisata dan Kebudayaan Nasional? Siapa saja sanggup mengikuti audisi ini, tapi harus menjadi wakil sekolah dulu. Jenjang untuk menjadi Duta Pariwisata dan Kebudayan Nasional memang panjang. Buat kau yang punya semangat berkompetisi, ini tahapan-tahapan yang harus kau lalui.

1. Seleksi tingkat sekolah

Sekolah diberikan kesempatan melaksanakan proses seleksi mengenai wawasan kepariwisataan dan wawasan mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi ke tingkat kabupaten/kota. Dalam proses seleksi tahap ini, pihak-pihak yang terlibat antara lain kepala sekolah, guru Sosiologi, guru Pendidikan Kewarganegaraan, guru Bahasa Indonesia, BP3, dan masyarakat (sponsor).

2. Seleksi tingkat kabupaten/kota

Pada tahap ini, lima siswa terbaik dari seleksi tiap sekolah dikirim untuk diseleksi lagi melalui tes. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam tahap ini yaitu Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) setempat, perguruan tinggi tinggi yang berkaitan dengan kepariwisataan dan kebudayaan, Dinas Kabupaten/Kota, Dikmenum, dan masyarkat (sponsor).

3. Seleksi tingkat provinsi

Siswa yang diseleksi pada tahap ini hanya berjumlah dua orang dari setiap kabupaten/kota. Pihak yang terlibat dalam proses seleksi ini yaitu semua yang terlibat di seleksi tingkat kabupaten/kota, kecuali Dinas Kabupaten/Kota dan MGMP. Pada tahap ini, turut bergabung juga Dinas Provinsi.

4. Seleksi nasional

Pada tahap ini, keterlibatan para penerima sangat diperlukan. Tugasnya untuk lebih detail menyeleksi para peserta. Pembina dalam tahap ini hanya dibantu oleh pihak perguruan tinggi tinggi dan Dikmenum. Dalam tahap ini, diambil satu orang penerima audisi yang terbaik.
Karya: Rama

Wacana di atas merupakan petunjuk yang menjelaskan langkah-langkah atau tahapan untuk sanggup menjadi penerima Audisi Duta Pariwisata dan Kebudayaan Nasional. Dalam petunjuk tersebut dijelaskan secara detail berkaitan dengan mekanisme atau tahapan yang harus ditempuh untuk sanggup menjadi penerima Audisi Duta Pariwisata dan Kebudayaan Nasional.

Petunjuk II

Aturan Pemakaian

  • Dewasa: 3x sehari 1 tablet.
  • Anak-Anak: 3x sehari ½ tablet.
  • Atau berdasarkan petunjuk dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Tidak dianjurkan untuk anak di anak-anak 2 tahun.
  • Obat ini sebaiknya diberikan setelah makan.
  • Hati-hati dukungan pada penderita hipoksemia.
  • Jangan melampaui batas takaran yang dianjurkan.
  • Apabila gejala-gejala asma masih tetap atau bertambah buruk, segera hubungi dokter.
  • Hati-hati dukungan pada perempuan hamil.

Efek samping

  • Sakit kepala, pusing, mual, muntah, diare, jantung berdebar, dan sukar tidur.
  • Kelebihan takaran pada anak-anak sanggup mengakibatkan hematemesis, simulasi susunan saraf pusat, diuresis, dan demam.

Kontraindikasi

  • Penderita hipertensitif terhadap teofilina dan efedrina.
  • Penderita hipertensi, penyakit jantung, kencing manis, tukak lambung, dan hipertiroid.
  • Jangan diberikan 12 jam setelah dukungan rectal preparat lain yang mengandung teofilina atau aminofilina.

(Sumber: Kemasan obat neo napacin)

Berdasarkan petunjuk II, sanggup kalian simpulkan beberapa klarifikasi menyerupai berikut.

1. Penggunaan obat harus memerhatikan petunjuk penggunaan.

2. Terdapat peringatan dalam pemakaian obat sebagaimana telah dituliskan.

3. Pengguna obat tersebut sanggup mencicipi salah satu imbas samping menyerupai yang tertulis.

4. Beberapa orang yang mengalami gangguan penyakit menyerupai yang tertulis pada kontraindikasi, sebaiknya tidak mengonsumsi obat tersebut.

Cara Menulis dan Membuat Petunjuk Membuat Sesuatu

Menulis petunjuk melaksanakan sesuatu harus secara jelas. Hal ini bertujuan biar pembaca petunjuk tidak mengalami kesalahan ketika melaksanakan sesuatu yang diinginkan sesuai dengan petunjuk.

Dalam menulis petunjuk, kalian perlu memerhatikan hal-hal berikut.

1. Tuliskan petunjuk melaksanakan sesuatu secara urut sesuai urutan yang harus dilakukan, apabila perlu dengan penomoran.

2. Tuliskan petunjuk secara rinci dan detail.

3. Cantumkan keterangan secara lengkap dan terang berkaitan dengan hal yang akan dilakukan.

4. Cantumkan hal-hal yang harus dihindari apabila hal yang akan dilakukan berkaitan dengan sesuatu yang sanggup mengakibatkan dampak negatif, misal dalam pembuatan barang yang memakai zat kimia dan sebagainya.

5. Gunakan bahasa yang singkat, jelas, dan komunikatif.

6. Jika perlu sertakan ilustrasi pendukung menyerupai gambar dan sebagainya.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Dan Cara Menulis Petunjuk Melaksanakan Sesuatu"