Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cara Memberikan Kalimat Persetujuan, Sanggahan Dan Penolakan Pendapat Dalam Diskusi

Pembahasan kali ini yaitu wacana pola kalimat persetujuan, pola kalimat sanggahan, pola kalimat penolakan, pola kalimat sanggahan dalam diskusi, cara memberikan kalimat persetujuan dalam diskusi, dan cara memberikan kalimat sanggahan dalam diskusi.

Dalam sebuah diskusi tentu saja sanggup terjadi adanya perbedaan pendapat dalam upaya mendapatkan solusi dari persolan yang dibahas. Perbedaan pendapat tersebut sanggup memunculkan adanya bentuk rasa persetujuan, ketidaksetujuan, upaya sanggahan, ataupun penolakan dari masing-masing penerima diskusi.

Bagaimanakah cara memberikan bentuk-bentuk perbedaan pendapat semoga diskusi tetap sanggup berjalan dengan baik dan lancar? Tentu saja semua harus disampaikan dengan sopan santun yang baik dan santun.

Contoh Diskusi Singkat

Perhatikanlah pola ilustrasi sebuah proses diskusi berikut!

Bahan diskusi

Teknologi Mesin dan Dampak Lingkungan

Penggunaan teknologi dan mesin-mesin modern dengan sistem komputer di perusahaan-perusahaan industri bisa meningkatkan hasil produksi beberapa kali lipat dibandingkan dengan teknologi manual. Namun demikian, sistem pengoperasian mesin yang serba otomatis dan sanggup dioperasionalkan selama 24 jam sehari secara penuh, telah menimbulkan beberapa dampak kurang menguntungkan bagi bidang lainnya.

Lingkungan, lingkungan yaitu salah satu bidang yang paling sering mendapatkan dampak pertama dari berdirinya perusahaan industri (pabrik). Limbah, polusi, dan kebisingan tampaknya merupakan satu-kesatuan yang mustahil lepas dari penggunaan mesin-mesin. Pengolahan terhadap ketiga hal tersebut, dikala ini kadang masih belum begitu diperhatikan oleh sebagian pengembang industri.

Moderator: Andi Hafid
Notulis: Marleyn Silalahi

Contoh Kalimat Persetujuan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi

Dalam proses diskusi dengan materi diskusi di atas sanggup muncul beberapa kemungkinan jawaban yang berupa pernyataan. Contoh jawaban dan sanggahan yang sanggup kalian sampaikan dalam diskusi tersebut yaitu sebagaimana dilakukan teman-teman kalian, misalnya:

1) Linda (pernyataan atau jawaban terhadap persoalan):
Saya sanggup merasakan, bahwa memang penggunaan mesin-mesin modern di perusahaan-perusahaan industri telah menimbulkan imbas negatif bagi lingkungan. Telah banyak kita simak dari saluran-saluran gosip yang mengemukakan bahwa limbah-limbah industri telah menelan korban, yaitu kerusakan lingkungan dan juga polusi udara yang terus meningkat. Maka itu, saya memiliki pedoman bahwa penggunaan mesin-mesin dalam industri dikala ini sebaiknya diminimalis, mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan.
2) Wayan (persetujuan atau jawaban terhadap persoalan):
Saya mendukung jawaban yang dikemukakan Saudari Linda. Selain berdampak polusi, penggunaan mesin-mesin modern telah mengurangi jumlah tenaga kerja, sedangkan kita ketahui bahwa masih banyak tenaga kerja kita yang kesulitan mendapatkan pekerjaan.
3) Sania (sanggahan terhadap jawaban 1 dan 2): 
Saya sanggup memahami dampak yang ditimbulkan dari adanya penggunaan mesin-mesin modern dalam perindustrian, dan saya juga membenarkan hal tersebut. Namun demikian, saya kurang sependapat dengan solusi yang dikemukakan Saudari Linda yang dikuatkan oleh Saudara Wayan.
Pemikiran saya bahwa meminimalis mesin-mesin modern dalam perindustrian berarti mengurangi efektivitas perusahaan dalam berproduksi, yang justru sanggup menurunkan jumlah produksi. Saya beropini bahwa untuk mengurangi dampak limbah dan polusi industri perlu diperketat adanya peraturan terhadap perjuangan perindustrian yang ramah lingkungan dengan menerapkan sistem amdal.
4) Tobing (sanggahan terhadap pernyataan 1 dan 2): 
Saya juga kurang sependapat dengan Saudara Wayan dan Saudari Linda. Menurut saya, meminimalis penggunaan mesin-mesin dalam perindustrian, selain menyerupai yang dikemukakan Saudari Sania, pengembangan perindustrian kita akan makin tertinggal dari negara lain secara teknologi. 
Pembahasan kali ini yaitu wacana pola kalimat persetujuan Contoh Cara Menyampaikan Kalimat Persetujuan, Sanggahan dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi
Diskusi

Cara Menyampaikan Kalimat Persetujuan, Sanggahan dan Penolakan

Dalam proses diskusi, tanggapan, usulan, pertanyaan, dan berkelahi pendapat harus disampaikan melalui moderator dan disampaikan dengan bahasa yang santun. Dalam hal ini, moderator berfungsi sebagai pemimpin, pemandu, dan penanggung jawab berjalannya diskusi.

Seorang moderator harus sanggup mengondisikan penerima diskusi, mendapatkan dan menolak usulan, masukan, sanggahan, dan sebagainya, demi tertibnya diskusi untuk mendapatkan solusi serta tidak terjadi pendominasian (penguasaan) pendapat.

Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam memberikan persetujuan, sanggahan, maupun penolakan pendapat, yaitu berikut.

a. Meminta izin moderator terlebih dahulu selaku pemandu diskusi.

b. Disampaikan dengan bahasa yang santun, komunikatif, dan jelas.

c. Disertai dengan bukti dan alasan yang logis dan tepat, serta kalau perlu disertai data-data.

d. Fokus terhadap masalah yang sedang dibahas atau dibicarakan.

e. Tidak memaksakan kehendak atau pendapat.

Baca juga: Cara Membuat Naskah Drama
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Cara Memberikan Kalimat Persetujuan, Sanggahan Dan Penolakan Pendapat Dalam Diskusi"