Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Kemagnetan Bumi

Sebuah magnet yang bebas bergerak ternyata selalu menempatkan dirinya berdasarkan arah utara-selatan. Hal ini mengatakan bahwa di permukaan bumi terdapat medan magnet dan gaya yang mensugesti kutub-kutub magnet tersebut.

Kutub utara magnet selalu menghadap ke arah utara. Hal ini sanggup dijelaskan dengan beranggapan bahwa:

a. Di kutub utara bumi terdapat suatu kutub selatan magnet

b. Di kutub selatan bumi terdapat suatu kutub utara magnet

c. Bumi sebagai sebuah magnet besar dengan kutub selatan terletak di bersahabat kutub utara dan kutub utara terletak di bersahabat kutub selatan bumi.

Magnet di dalam kompas pada umumnya tidak sanggup mengatakan utara–selatan tetapi agak menyimpang. Sebab letak kutub-kutub magnet bumi tidak sempurna pada kutub-kutub bumi.

Oleh lantaran itu garis-garis gaya magnet bumi tidak berimpit arahnya dengan arah utara-selatan. Penyimpangan dari arah utara–selatan yang bahwasanya ini disebut deklinasi.

Besarnya deklinasi ini dinyatakan dengan sudut antara arah utara bahwasanya dengan arah utara yang ditunjukkan oleh magnet.
yang bebas bergerak ternyata selalu menempatkan dirinya berdasarkan arah utara Teori Kemagnetan Bumi
Gambar: Sudut deklinasi dan Inklinasi

Sudut yang dibuat oleh magnet dengan garis mendatar disebut inklinasi. Adanya inklinasi ini disebabkan garis-garis gaya magnet bumi, ternyata tidak sejajar dengan permukaan bumi.

Oleh lantaran itu sebuah magnet jarum yang sanggup berputar pada sumbu mendatar biasanya tidak menempatkan diri pada kedudukan mendatar, tetapi miring.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Teori Kemagnetan Bumi"