Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Benua Dan Samudra Di Muka Bumi

Ambillah peta dunia dan globe. Coba amati dengan saksama posisi dan letak geografis benua dan samudra. Apa yang kau lihat? Posisi geografis menurut garis lintang dan garis bujur. Letak geografis diketahui menurut letak wilayah terhadap wilayah di sekitarnya.

Posisi Benua

Kita sering rancu dengan pengertian benua dan wilayah benua. Benua yaitu satu kesatuan hamparan daratan yang sangat luas. Wilayah benua meliputi pulau-pulau yang ada di daerah itu. Menurut pengertian di atas, Kepulauan Indonesia bukanlah termasuk Benua Asia melainkan wilayah Asia.

Berdasarkan peta di atas, coba kau lihat titik terluar bab utara Benua Asia. Titik terluar bab ini sempurna dilalui garis 77°45' LU–1°15' LU. Sekarang coba lihat titik terluar Benua Asia bab barat. Titik terluar bab barat Benua Asia yaitu Tanjung Baba (Turki).

Tempat ini sempurna dilalui garis 26°04' Bujur Timur (BT). Titik terluar bab timur Benua Asia yaitu Tanjung Dezhneva. Tempat ini dilalui garis 169°40' Bujur Barat (BB). Jadi, Asia membentang dari barat ke timur sepanjang garis 26°04' BT–169°40' BB.

Bumi terdiri atas tujuh benua, yaitu Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, Eropa, dan Antartika. Di antara ketujuh benua itu hanya Antartika yang tidak dihuni manusia.
 Coba amati dengan saksama posisi dan letak geografis benua dan samudra Posisi Benua dan Samudra di Muka Bumi
Posisi Benua dan Samudra

Posisi Samudra

Di Bumi yang kita huni ini terdapat empat samudra, yaitu Samudra Atlantik, Samudra Arktik, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Setiap samudra saling bekerjasama satu dengan lainnya. Dua samudra sanggup terhubung pribadi atau dibatasi oleh selat atau laut.

Posisi benua ditentukan dengan berpedoman pada dua garis lintang dan dua garis bujur sebagai batasnya. Sedang posisi samudra ditentukan dengan satu titik koordinat geografis yang terdapat di tengah-tengah samudra.

Sebagai contoh, posisi Samudra Hindia berada pada titik 20° LS dan 80° BT. Posisi ini bila kau amati pada peta dunia atau globe kira-kira sempurna berada di tengah-tengah wilayah Samudra Hindia.

Setelah memilih posisi samudra, kau tentu sanggup mengetahui letak atau lokasi samudra. Sebagai pola Samudra Hindia terletak antara Benua Afrika, Benua Asia, Benua Australia, dan Samudra Selatan. Panjang garis pantai Samudra Hindia diperkirakan 66.526 km.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Posisi Benua Dan Samudra Di Muka Bumi"