Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Suhu Dan Termometer, Macam-Macam Jenis Termometer Serta Bagian-Bagian Dan Fungsinya

Berikut ini merupakan pembahasan lengkap wacana pengertian suhu (kalor), pengertian termometer,men- jelaskan macam-macam termometer, jenis-jenis termometer, bagian-bagian termometer, materi untuk menciptakan termometer, termometer ruangan, termometer bayi, alat pengukur suhu udara, fungsi termometer, termometer klinis, termometer raksa, termometer telina, pengertian termometer bimetal, termometer digital untuk bayi, alat untuk mengukur suhu udara, skala termometer, fungsi termometer bimetal dan harga termometer digital.

Pengertian Suhu

Panasnya udara, dinginnya es, dan hangatnya air menunjukkan derajat suhu suatu benda. Suatu benda disebut panas berarti benda itu bersuhu tinggi, sebaliknya benda yang masbodoh berarti bersuhu rendah, dan benda yang hangat berarti bersuhu sedang. Dengan demikian, suhu dapat diartikan sebagai ukuran tingkat atau derajat panas atau dinginnya suatu benda.

Tangan tidak sanggup dijadikan sebagai alat untuk mengukur besarnya derajat suhu suatu benda. Salah satu indra peraba kita sanggup mencicipi panas dan dinginnya benda. Indra tersebut tidak ada kaitannya dengan besarnya angka derajat suhu. Indra hanya sanggup mencicipi panas, hangat, dan dingin.

Pengertian Termometer

Termometer adalah alat untuk mengukur suhu. Termometer terdiri dari pipa beling kapiler yang diisi raksa atau alkohol yang berwarna. Mengapa zat yang mengisi termometer berupa zat cair?

Termometer diisi oleh zat cair menyerupai raksa dan alkohol alasannya yaitu volumenya akan berubah apabila dipanaskan atau didinginkan. Perubahan volume inilah yang dipakai sebagai pola dalam pengukuran suhu.
Berikut ini merupakan pembahasan lengkap wacana pengertian suhu  Pengertian Suhu dan Termometer, Macam-macam Jenis Termometer serta Bagian-bagian dan Fungsinya
Gambar: Bagian-bagian Termometer

Bahan-bahan Termometer

Zat yang mengisi termometer, di antaranya:

a. Raksa, adapun keunggulan raksa sebagai pengisi termometer, di antaranya:

1) Cepat mendapatkan panas

2) Dapat mengukur suhu rendah –39 derajat Celsius dan mendidih pada suhu 357 derajat Celsius.

3) Praktis dilihat, alasannya yaitu mengkilat.

4) Tidak membasahi dinding beling termometer.

5) Pemuaiannya teratur.

b. Alkohol, mempunyai keunggulan untuk mengukur suhu yang sangat masbodoh (suhu rendah), alasannya yaitu alkohol membeku pada suhu yang rendah sekali, sekitar –130 derajat Celsius.

Macam-macam Jenis Termometer

Termometer yang sering dipakai dalam kehidupan seharihari di antaranya termometer suhu badan, termometer dinding, serta termometer maksimum dan minimum.

a. Termometer Suhu Badan

Termometer raksa dalam kehidupan sehari-hari biasanya dipakai untuk mengukur suhu tubuh dan suhu ruangan. Termometer untuk mengukur suhu tubuh disebut termometer demam atau termometer klinis.

Termometer ini mempunyai skala antara 35 – 42 derajat Celsius (°C), alasannya yaitu suhu tubuh insan tidak akan kurang dari suhu tersebut.

Terdapat pipa kapiler yang dibentuk sangat kecil semoga perubahan suhu yang tidak begitu besar sanggup terlihat dengan terperinci dan cepat diserap raksa. Untuk mengembalikan raksa pada kedudukan asalnya, termometer harus dikibas-kibas terlebih dahulu.

b. Termometer Dinding

Termometer dinding sering terdapat di dalam ruangan untuk mengukur suhu ruangan. Termometer ini
dipasang secara tegak pada salah satu dinding ruangan. Skalanya antara –80°C hingga 100°C.

c. Termometer Maksimum dan Minimum

Termometer maksimum dan minimum dipakai untuk mengukur suhu tertinggi dan terendah udara dalam satu hari. Termometer ini dibentuk oleh Six dan Belani, dengan memakai raksa dan alkohol sebagai zat cair yang digunakannya. Termometer ini disebut juga Termometer Six Belani.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Suhu Dan Termometer, Macam-Macam Jenis Termometer Serta Bagian-Bagian Dan Fungsinya"