Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Suara Audiosonik, Infrasonik Dan Ultrasonik Serta Manfaat Suara Ultrasonik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pembahasan berikut ini yaitu perihal pengertian bunyi, pengertian infrasonik, pengertian ultrasonik, manfaat ultrasonik, sensor ultrasonik, gelombang ultrasonik, bunyi ultrasonik, manfaat bunyi ultrasonik, alat pengusir tikus elektronik, bunyi infrasonik, bunyi ultrasonik dan sensor jarak ultrasonik.

Pengertian Bunyi

Bunyi adalah getaran. Coba pegang tenggorokanmu dan bersuara. Apa yang kau rasakan? Bunyi dihasilkan oleh benda-benda yang bergetar. Misalnya, kecipak air kolam, desah angin di pepohonan, dan bunyi anjing menggonggong.

Jadi, bunyi adalah getaran. Akan tetapi, tidak semua getaran sanggup menghasilkan bunyi. Ada beberapa benda yang bergetar, namun bunyinya tidak sanggup didengar. Jika jumlah getaran suatu benda tiap satuan waktu tidak memenuhi bilangan tertentu maka bunyi yang dihasilkan tidak sanggup didengar.

Bunyi yang sanggup didengar indera pendengaran insan normal mempunyai frekuensi antara 20 getaran tiap detik (hertz = Hz) hingga dengan 20.000 getaran tiap detik (hertz = Hz). Bunyi dalam kawasan frekuensi ini disebut audiosonik.

Bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz tidak sanggup didengar indera pendengaran insan normal. Bunyi pada kawasan frekuensi ini disebut infrasonik. Demikian juga bunyi dengan frekuensi di atas 20.000 Hz. Bunyi pada kawasan frekuensi ini disebut ultrasonik.

Laju rambat bunyi di udara pada suhu kamar kurang lebih 340 m/s. Saat ini banyak pesawat terbang, terutama untuk jenis pesawat tempur yang sanggup terbang dengan laju melebihi laju rambat bunyi di udara.

Pernahkah kau mendengar pesawat supersonik? 

Laju benda yang melebihi laju rambat bunyi disebut supersonik. Satuan supersonik yaitu mach (1 mach = 1x laju rambat bunyi).

Pesawat Supersonik

Pada awal kurun ke-20, perjalanan dari Eropa ke Amerika memerlukan waktu 7 hingga 10 hari. Tahukah kamu, berapa usang waktu yang diharapkan untuk perjalanan tersebut pada final kurun ke-20? Wah… hanya 4 jam jikalau memakai pesawat supersonik Concorde.

Concorde, pesawat penumpang supersonik satusatunya di dunia yang bisa terbang dengan kecepatan dua kali kecepatan bunyi pada ketinggian 60.000 kaki (18 kaki).

Telinga insan juga membutuhkan bunyi dengan kekuatan atau tingkat intensitas yang sempurna biar yummy didengar. Satuan tingkat intensitas bunyi yaitu desibel (dB). Bunyi terpelan yang masih sanggup didengar indera pendengaran insan normal mempunyai intensitas sekitar 1 dB.

Bunyi yang intensitasnya 120 dB atau lebih bisa sangat menyakitkan telinga, bahkan sanggup merusak telinga. Banyak binatang yang sanggup mendengar bunyi dengan frekuensi infrasonik atau ultrasonik.
Pembahasan berikut ini yaitu perihal pengertian bunyi Pengertian Bunyi Audiosonik, Infrasonik dan Ultrasonik serta Manfaat Bunyi Ultrasonik dalam Kehidupan Sehari-hari
Skema: Pembagian Bunyi

Jangkrik dan anjing sanggup mendengar infrasonik. Ngengat, ikan paus, dan burung hantu sanggup menangkap ultrasonik. Kelelawar dianggap mempunyai radar alam alasannya yaitu bisa menghasilkan sensor ultrasonik yang dipancarkan ke semua arah dan bisa juga menangkap pantulannya.

Oleh alasannya yaitu itu, kelelawar sanggup terhindar dari tumbukan dengan benda lain, walaupun terbang di malam hari yang sangat gelap. Lumba-lumba sanggup berkomunikasi dengan lawan jenisnya dari jarak jauh dengan memakai gelombang ultrasonik.

Manfaat Bunyi Ultrasonik

Dalam kehidupan sehari-hari, ultrasonik dimanfaatkan dalam banyak sekali bidang, yaitu
  1. bidang kedokteran, dimanfaatkan untuk diagnosa dan pengobatan, untuk menghancurkan tumor atau kerikil ginjal, dan untuk mempelajari bagian-bagian badan yang dihentikan terkena sinar X, contohnya janin dalam kandungan;
  2. untuk membunuh basil dalam masakan yang akan diawetkan;
  3. untuk menciptakan adonan logam biar rata;
  4. alat kontrol jarak jauh (remote control).


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Suara Audiosonik, Infrasonik Dan Ultrasonik Serta Manfaat Suara Ultrasonik Dalam Kehidupan Sehari-Hari"