Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Serta Jumlah Sisi, Rusuk Dan Titik Sudut Kubus Dan Balok

Berikut ini yaitu pembahasan wacana pengertian sisi kubus, pengertian sisi balok, jumlah sisi kubus, jumlah sisi balok, sifat-sifat sisi kubus, sifat-sifat sisi balok, pengertian rusuk balok, pengertian rusuk kubus, jumlah rusuk balok, jumlah rusuk kubus, jumlah titik sudut balok, jumlah titik sudut kubus.

Pengertian Sisi (Bidang) Kubus dan Balok

Bidang (Sisi) yaitu tempat yang membatasi bab luar dengan bab dalam dari suatu berdiri ruang. 
Perhatikan gambar di bawah ini. Ada berapa bidang yang sanggup kalian temukan pada kubus maupun balok tersebut?
Berikut ini yaitu pembahasan wacana pengertian sisi kubus Pengertian serta Jumlah Sisi, Rusuk dan Titik Sudut Kubus dan Balok
Gambar: Kubus dan Balok

Kubus pada gambar (a), diberi nama kubus ABCD.EFGH. Bidang-bidang pada kubus ABCD.EFGH yaitu bidang ABCD (alas), bidang EFGH (atas/tutup), bidang ADHE (kiri), bidang BCGF (kanan), bidang ABFE (depan), dan bidang DCGH (belakang).

Jika kau perhatikan, bidang ADHE dan bidang BCGF terlihat menyerupai bentuk jajargenjang. Akan tetapi, kedua bidang ini bahwasanya berbentuk persegi menyerupai bidang-bidang lainnya pada kubus.

Ingat, kubus yaitu berdiri ruang yang sisi-sisinya (bidangnya) beraturan dan sama. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa kubus memiliki 6 bidang yang semuanya berbentuk persegi.

Balok pada gambar (b), diberi nama balok PQRS.TUVW. Coba kalian sebutkan semua bidang yang ada pada balok PQRS.TUVW ini? Perhatikan bidang PQUT dan bidang QRVU. Apakah bentuk dari kedua bidang ini sama?

Berbeda dengan kubus, bidang-bidang balok memiliki ukuran yang berbeda, tergantung letaknya. Misalnya, bidang PQUT (depan) memiliki ukuran panjang × tinggi, sedangkan bidang QRVU (kanan) memiliki ukuran lebar × tinggi.

Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa balok memiliki 6 bidang berbentuk persegi panjang. Dapatkah kau menyebutkan pasangan bidang balok yang memiliki ukuran yang sama? Berapa pasang bidang yang sanggup kau temukan?

Pengertian Rusuk dan Titik Sudut

Rusuk adalah perpotongan dua buah bidang yang berupa garis. 
Perhatikan gambar di bawah ini, ada berapa banyak rusuk pada kubus maupun balok tersebut? Rusuk pada kubus sama panjang, sedangkan rusuk pada balok memiliki 3 ukuran, yaitu panjang, lebar, dan tinggi.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana pengertian sisi kubus Pengertian serta Jumlah Sisi, Rusuk dan Titik Sudut Kubus dan Balok
Gambar: Rusuk serta Titik Sudut Kubus dan Balok

Pada kubus maupun balok, terdapat rusuk-rusuk yang saling berpotongan. Pada kubus gambar (a), AB berpotongan dengan BC, BF, AD, dan AE.

Selain terdapat rusuk yang saling berpotongan, terdapat juga rusuk yang sejajar. Misalnya, pada balok gambar (b), PQ sejajar dengan SR, TU, dan WV.

Dapatkah kalian menyebutkan rusuk-rusuk yang saling berpotongan maupun yang sejajar lainnya pada kubus dan balok tersebut?
Titik sudut merupakan perpotongan tiga buah rusuk. 
Misalkan titik A, titik A merupakan perpotongan dari rusuk AB, AD, dan AE pada gambar (a). Coba kalian sebutkan semua titik sudut kubus dan balok pada gambar di atas!

Seandainya kita ingin menciptakan kerangka suatu berdiri ruang, kita harus memperhatikan rusuk-rusuk yang terdapat pada berdiri ruang tersebut. Kita juga perlu menyediakan bahan-bahan untuk menciptakan kerangka menyerupai kawat dengan lem (super glue), lidi dengan lem (super glue), sedotan dengan benang, dan lain sebagainya.

Tahukah kamu, berapakah panjang kawat yang dibutuhkan untuk menciptakan kerangka kubus yang panjang rusuknya 4 cm? Berapakah panjang kawat yang dibutuhkan untuk menciptakan balok dengan ukuran panjang 8 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 4 cm?

Jika panjang rusuk sebuah kubus 4 cm, maka untuk menciptakan kerangka kubus kita memerlukan lidi dengan ukuran 4 cm sebanyak 12 buah.

Maka panjang seluruh lidi yang dipakai yaitu 12 × 4 cm = 48 cm. Jadi, sanggup kita simpulkan untuk mencari jumlah panjang rusuk sebuah kubus yang berukuran s, berlaku rumus:
Jumlah panjang rusuk kubus = 12s
Sedangkan untuk menciptakan kerangka balok dengan ukuran panjang 8 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 4 cm, kita memerlukan lidi 8 cm sebanyak 4 buah, lidi 5 cm sebanyak 4 buah, dan lidi 4 cm sebanyak 4 buah.

Maka panjang seluruh lidi adalah
= 4 × 8 cm + 4 × 5 cm + 4 × 4 cm
= 4 (8 cm + 5 cm + 4 cm) (sifat distributif)
= 4 (17 cm)
= 68 cm

Jadi, jumlah panjang rusuk balok yang memiliki ukuran panjang p, lebar l, dan tinggi t, berlaku rumus:
Jumlah panjang rusuk balok = 4p + 4l + 4t = 4 (p + l + t)

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Serta Jumlah Sisi, Rusuk Dan Titik Sudut Kubus Dan Balok"