Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ohp Proyektor Dan Fungsinya

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pengertian OHP, Pengertian proyektor, pengertian diaskop, fungsi proyektor, bagian-bagian proyektor, macam-macam proyektor, pembentukan bayangan pada proyektor, harga proyektor mini murah, LCD proyektor, layar proyektor infocus dan projector min acer.

Macam-macam Proyektor

Berikut ini merupakan macam-macam jenis proyektor dan penjelasannya;

1. Diaskop (slide projector)

Diaskop adalah alat untuk memproyeksikan gambar diapositif sehingga terbentuk bayangan faktual pada layar. Alat ini terdiri dari sebuah cermin cekung sebagai reflektor (pemantul) dan dua buah lensa cembung masing-masing sebagai kondensor (membuat sinar sejajar) dan sebagai proyektor (memperbesar gambar bayangan).

Pada diaskop, titik sentra kelengkungan cermin berimpit dengan titik api lensa kondensor dan di titik itu dipasang lampu yang terang.

Sinar yang dipancarkan lampu diubah oleh lensa kondensor menjadi berkas sinar sejajar yang sempurna menerangi benda diapositif. Benda tersebut merupakan benda untuk lensa proyektor yang menghasilkan bayangan nyata, terbalik, diperbesar, dan terletak di layar.

Perbesaran hanya terjadi oleh lensa proyektor sehingga terlihat menyerupai pada gambar berikut:
Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pengertian OHP Pengertian OHP Proyektor dan Fungsinya
Gambar: Pembentukan Bayangan pada Proyektor Diaskop

Seringkah kau menonton di bioskop? 

Di bioskop, gambar diapositif disambung dengan perubahan gerak. Akibatnya, bayangan pada layar tampak hidup. Kesan hidup ini akhir bayangan iring, yaitu kesan yang diterima retina, lalu disimpan kira-kira 0,05 detik sesudah bayangan itu hilang.

Sebelum kesan bayangan pertama hilang, bayangan kedua telah mengikutinya, begitu seterusnya. Akibatnya, kesan terhadap kedua bayangan menjadi satu.

2. Overhead projector (OHP)

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pengertian OHP Pengertian OHP Proyektor dan Fungsinya
Gambar: Pembentukan Bayangan pada OHP Proyektor

OHP adalah alat untuk memproyeksikan benda tembus cahaya. Cara kerja OHP menyerupai diaskop. Alat ini sering digunakan alasannya yaitu mempunyai beberapa kelebihan, yaitu sanggup digunakan dalam ruangan terang dan benda yang diproyeksikan yaitu gambar atau goresan pena tangan dengan spidol pada kertas plastik atau kertas transparan.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Ohp Proyektor Dan Fungsinya"