Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Dan Rujukan Pembiasaan Tingkah Laris Pada Binatang Dan Tumbuhan

Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, binatang dan tumbuhan juga melaksanakan perilaku-perilaku tertentu sebagai tindakan menyesuaikan dirinya terhadap lingkungannya, hal inilah yang dinamakan dengan adaptasi tingkah laku.

Jadi, adaptasi tingkah laris adalah cara penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku.

Macam-macam dan pola penyesuaian tingkah laku

Macam-macam penyesuaian tingkah laris pada hewan:

a. Cicak melaksanakan ototomi yaitu tetapkan ekornya untuk mengelabuhi musuhnya.

b. Mamalia yang hidup di air laut, contohnya lumba-lumba dan paus sering muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen di udara, alasannya yaitu alat pernapasannya berupa paru-paru yang tidak sanggup mengikat oksigen yang terlarut dalam air.
 binatang dan tumbuhan juga melaksanakan sikap Macam-macam dan Contoh Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan dan Tumbuhan
Lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung

c. Pada isu terkini hambar banyak binatang berdarah panas membutuhkan energi pelengkap untuk menjaga suhu tubuhnya, tetapi masakan sangat langka untuk sanggup bertahan hidup maka beberapa binatang contohnya tikus, landak, beruang hitam dan lain-lain melaksanakan hibernasi , yaitu tidur panjang pada isu terkini dingin.

Demikian pula untuk binatang yang hidup di tempat gurun yang sangat panas pada isu terkini kemarau memiliki sikap tertentu yaitu melaksanakan estivasi yaitu tidur panjang pada isu terkini kemarau semoga sanggup bertahan hidup di tempat gurun. Misalnya: kadal, katak, keong, dan lain-lain.

d. Rayap merupakan binatang yang menghancurkan kayu. Bagaimana caranya rayap menghancurkan kayu?

Di dalam usus rayap terdapat binatang Protozoa, yaitu Flagellata yang menghasilkan enzim selulase yang sanggup membantu rayap mencerna kayu.

Secara periodik kulit rayap akan mengelupas, pada ketika mengelupas, usus bab belakang yang ada Flagellatanya ikut terkelupas. Untuk mendapat Flagellatanya kembali maka rayap memakan kembali kulitnya yang mengelupas.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Macam-Macam Dan Rujukan Pembiasaan Tingkah Laris Pada Binatang Dan Tumbuhan"