Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lingkungan Dan Macam-Macam Lingkungan Hidup Serta Dampaknya Terhadap Kehidupan Dan Kesehatan Manusia

Banyak ilmuwan bertanya-tanya apakah manusia, menyerupai halnya dinosaurus sanggup punah. Dinosaurus sepertinya merupakan karbon pasif dari bumi yang berubah, sedangkan insan memainkan tugas penting dalam pengrusakan lingkungannya.

Pada tahun 2000 ini hampir 6 milyar insan di bumi, semuanya menghasilkan limbah dan polusi. Selain pemanasan global yang sanggup terjadi sebab imbas rumah kaca, zat kimia yang dikeluarkan menipiskan lapisan ozon, yaitu lapisan di atmosfer yang menjaga radiasi ultra ungu yang berbahaya.

Pengertian Lingkungan

Apa arti lingkungan itu?
Lingkungan adalah sesuatu yang mutlak diharapkan insan untuk terus mempertahankan proses hidupnya.

Macam-macam lingkungan hidup dan pengaruhnya

Adanya interaksi antara insan dan lingkungan sekitar itulah yang akan mempengaruhi proses-proses yang terjadi di lingkungan.

1. Lingkungan Darat dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia

Lingkungan darat yang meliputi atas batubatuan, tanah dan sebagainya secara alamiah akan mengalami proses-proses berdasarkan spesifikasinya.

Meskipun secara alamiah lingkungan darat mengalami proses menyerupai pecahnya batu-batuan, abrasi yang terjadi pada tanah, ataupun proses yang lain, tetapi insan berperan sama pentingnya terhadap proses yang terjadi terhadap lingkungan darat.

Berikut ini contoh-contoh acara negatif insan terhadap lingkungan darat.

a. Menebang hutan secara liar.

b. Penambangan pasir atau materi tambang secara liar.

c. Pembuangan sampah sembarangan dan sebagainya.

Contoh yang ketiga hingga ketika ini yang masih menjadi materi perhatian secara serius meskipun teladan yang pertama dan kedua sama pentingnya.

Pembuangan sampah anorganik, menyerupai plastik, kaleng-kaleng bekas, ataupun sampah anorganik lainnya yang tidak sanggup diuraikan oleh tanah.

Pembuangan sampah-sampah tersebut berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Adapun dampak negatif tersebut antara lain tanah menjadi tidak subur dan sampah yang menumpuk menjadikan penyakit.

 Dinosaurus sepertinya merupakan karbon pasif dari bumi yang berubah Pengertian Lingkungan dan Macam-macam Lingkungan Hidup serta Dampaknya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia
Gambar: Contoh Lingkungan Darat

2. Lingkungan Udara dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia

Lingkungan udara adalah faktor penting untuk kehidupan manusia. Manusia hidup perlu bernapas, bernapas mengambil oksigen dari udara, jadi kita bernapas memerlukan oksigen.

Bagaimana jikalau oksigen di udara tercemari oleh zatzat lain? Mungkin kita akan sakit bahkan mungkin mati. Pencemaran udara terjadi jawaban adanya zat-zat lain yang terproses bersama oksigen di udara.

Zat-zat pencemar disebut juga polutan. Polutan udara berasal dari asap-asap pabrik, asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah atau penyebab-penyebab yang lain.

3. Lingkungan Air dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia

Lingkungan air adalah lingkungan di sekitar insan yang meliputi perairan, menyerupai sungai, danau, laut, rawa, dan sebagainya. Air merupakan kebutuhan pokok yang mutlak harus terpenuhi.

Di samping air yang kita ambil, kehidupan airpun sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Sungai atau danau menyediakan zat makanan yang mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, contohnya rumput maritim serta ikan-ikan.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Lingkungan Dan Macam-Macam Lingkungan Hidup Serta Dampaknya Terhadap Kehidupan Dan Kesehatan Manusia"