Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) Dan Rujukan Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

Berikut ini merupakan pembahasan perihal flora berbiji terbuka, flora Gymnospermae, pengertian flora berbiji terbuka, pengertian flora Gymnospermae, teladan flora berbiji terbuka, teladan flora Gymnospermae, flora berbiji tertutup, flora Angiospermae, pengertian flora berbiji tertutup, pengertian flora Angiospermae, teladan flora berbiji tertutup, teladan flora Angiospermae.

Para ilmuwan biologi telah mengklasifikasikan tumbuhan berpembuluh berbiji menjadi dua kelompok, yaitu flora berpembuluh berbiji terbuka (Gymnospermae) dan flora berpembuluh berbiji tertutup (Angiospermae). Kedua kelompok itu mempunyai perbedaan yang cukup tajam.

Tumbuhan Berbiji terbuka (Gymnospermae)

Tumbuhan berpembuluh berbiji terbuka (Gymnospermae), yaitu flora yang mempunyai akar, batang, daun, pembuluh, berbiji terbuka, dan berstrobilus.

Biji pada Gymnospermae terletak pada sisik berkayu dari strobilus betina dan tidak dilindungi oleh bakal buah, alasannya gymnospermae tidak berbunga tetapi mempunyai strobilus.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal flora berbiji terbuka Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)
Gambar: (a) Strobilus Jantan dan (b) Strobilus Betina

Gymnospermae terdiri dari beberapa divisi, yaitu:

(1) Cycadophyta             (3) Gnetophyta

(2) Ginkgophyta             (4) Coniferopyhta

Tumbuhan Berbiji tertutup (Angiospermae)

Seluruh anggota dan kelompok flora berpembuluh berbiji tertutup (Angiospermae) menghasilkan bunga sehingga flora ini termasuk kelompok divisi Anthophyta. Biji angiospermae terbungkus di dalam buah.

Angiospermae dibagi ke dalam dua kelas, yaitu flora dikotil dan monokotil. Perhatikan gambar perbandingan flora monokotil dan dikotil di bawah ini.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal flora berbiji terbuka Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)
Gambar: Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Kacang kedelai, jambu, sawo, mangga, dan rambutan yaitu teladan flora dikotil. Dikotil adalah flora berpembuluh berbiji tertutup, berkotiledon dua, berakar tunggang, bab bunganya berkelipatan empat dan lima, berkas pembuluhnya teratur melingkar, serta daunnya berbentuk jari dengan tulang daun menjala.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) Dan Rujukan Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)"