Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kisaran Nilai Peluang Dan Pola Soalnya

Berikut ini ialah pembahasan wacana kisaran nilai peluang yang meliputi nilai peluang, kisaran nilai peluang, pengertian nilai peluang, pola soal nilai peluang.

Pengertian Kisaran Nilai Peluang

Secara sederhana kisaran nilai peluang dapat diartikan sebagai asumsi kemungkinan munculnya suatu insiden di dalam sebuah ruang sampel. 
Kita ambil pola di dalam sebuah pertandingan sepak bola, wasit akan memakai uang logam atau koin untuk memilih kesebelasan mana yang akan memperoleh bola pertama.

Dari pelemparan koin tersebut, manakah yang mempunyai peluang lebih besar untuk muncul, gambar atau angka? Karena bentuk koin simetris dan hanya mempunyai dua sisi, maka peluang munculnya gambar atau angka ialah sama.

Rumus Peluang Suatu Kejadian

Perhatikan nilai-nilai yang diperoleh pada Contoh Soal pada pembahasan sebelumnya wacana peluang suatu kejadian. Nilai-nilai peluang yang diperoleh berkisar antara 0 hingga dengan 1. Secara matematis, ditulis dengan P(K) ialah peluang suatu insiden K.


Jika nilai peluang suatu insiden sama dengan nol, berarti insiden tersebut tidak mungkin atau tidak mungkin terjadi, contohnya peluang matahari terbit dari arah barat.

Jika peluang suatu insiden sama dengan 1, berarti insiden tersebut niscaya terjadi, contohnya peluang setiap insan akan meninggal. Adapun kalau peluang suatu insiden bernilai antara 0 dan 1, berarti insiden tersebut mungkin terjadi, contohnya peluang kau untuk menjadi juara kelas.

Jika L merupakan insiden suplemen dari insiden K maka peluang insiden L ialah satu dikurangi peluang insiden K. Secara matematis, ditulis


Misalnya, peluang Romi lulus ujian ialah 0,9 maka peluang Romi tidak lulus ujian ialah 1 − 0,9 = 0,1.

Contoh Soal Kisaran Nilai Peluang

Lima belas kartu diberi nomor 1 hingga dengan 15. Kartu-kartu tersebut dikocok, lalu diambil satu kartu secara acak (kartu yang telah diambil lalu dikembalikan lagi). Tentukan peluang terambil kartu berangka
a. genap,
b. bukan genap.

Jawab:
Ruang sampelnya ialah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15}

a. Misalkan, A ialah himpunan insiden terambil kartu berangka genap maka A = {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14} sehingga n(A) = 7.


b. Oleh sebab kartu yang sudah diambil dikembalikan lagi, ruang sampelnya tetap, yaitu S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15}.

Misalkan, B ialah himpunan insiden terambil kartu berangka bukan genap, maka B = {1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15) sehingga n(B) = 8.


Selain dengan cara tersebut, peluang terambil kartu berangka bukan bilangan genap sanggup ditentukan dengan cara sebagai berikut.

Misalkan, B ialah himpunan insiden terambil kartu berangka bukan genap. B merupakan insiden suplemen dari insiden A sehingga;



Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Kisaran Nilai Peluang Dan Pola Soalnya"